Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan mematangkan persiapan penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI yang rencananya akan dibuka Presiden RI Joko Widodo pada 10-14 Juli 2023.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Sabtu, mengatakan kehadiran Presiden Joko Widodo dalam membuka Rakernas APEKSI harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin karena pemimpin negara tidak sering hadir di suatu daerah.

"Kemungkinan Pak Presiden Jokowi datang itu besar sekali sehingga skenario kegiatan ini dibuka oleh Pak Presiden harus dimatangkan," katanya.

Tidak hanya datang dan membuka kegiatan, Danny Pomanto menginginkan agar Rakernas APEKSI XVI ini menjadi istimewa dan menjadi momentum farewell Presiden Jokowi.

Terlebih ini merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan Presiden Jokowi. Termasuk juga rakernas terakhir bagi pengurus APEKSI masa kepemimpinan Bima Arya sebagai ketua.

"Kalau beliau datang agenda besar kita harus ada momentum terima kasih untuk Presiden Jokowi," tuturnya.

Danny Pomanto juga menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bekerja maksimal menyukseskan kegiatan ini. Apalagi Rakernas APEKSI menjadi agenda terakhir even nasional yang digelar di Kota Makassar.

"Ini gengsi dan legacy-nya kita. Kita sudah berhasil melaksanakan otonomi daerah (OTDA) dan  Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK). Jadi kita tidak boleh menganggap enteng APEKSI. Jadilah tuan rumah yang terbaik," ucap Danny Pomanto.

Sementara, Kepala Bagian Kerja Sama Zulfitra Dianta mengatakan sejauh ini Presiden Jokowi masih terkonfirmasi hadir. Termasuk beberapa menteri.

"Sampai saat ini terjadwal pak presiden akan menghadiri, dan batik yang akan dikenakan beliau pada saat pembukaan sudah diterima Sekretaris Kabinet," ucap Zulfitra Dianta.

Diketahui, Rakernas APEKSI XVI yang digelar di Kota Makassar pada 10-14 Juli dirangkaikan dengan beberapa kegiatan. Seperti, Youth City Changers (YCC), Makassar Invesment Forum (MIF).

Indonesia City Expo, Gala Dinner, City Tour and Kuliner, Ladies Program, Karnaval dan Pawai Budaya, dan Afternoon Tea di atas Kapal Pinisi.

Baca juga: Pemkot Makassar undang investor Asia dan Eropa ikuti MIF Apeksi 2023
Baca juga: Dekranasda Makassar siapkan produk UMKM untuk Apeksi 2023

Baca juga: Gubernur Khofifah harap Apeksi lahirkan rekomendasi strategis

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2023