Berlin (ANTARA News) - Di sela kunjungan resmi ke Jerman,Presiden Susilo Yudhoyono akan melakukan pertemuan terpisah dengan empat CEO perusahaan raksasa Jerman. "Saya akan melakukan bertemu satu demi satu dengan empat CEO nanti," kata Yudhoyono, di Hotel Adlon Kempinski, Berlin, Senin pagi waktu setempat atau Senin sore pagi.

Keempat CEO yang dimaksud Yudhoyono itu adalah CEO Volkswagen AG, Martin Winterkorn, President and CEO Siemens AG, Peter Loscher, Member of Excecutive Board Ferrostaal GmbH, Klaus Lesker, dan Presiden Direktur PT Accor Asia Pacific di Indonesia, Gerard Guillouet.

Volkswagen, sebagai misal, berencana membangun kompleks perakitan mobilnya di Indonesia dalam waktu tidak terlalu lama lagi. Indonesia, dengan begitu, menjadi salah satu basis produksi VW di dunia.

Sebelum pertemuan itu, Yudhoyono terlebih dahulu makan siang bisnis dengan Presiden Asia Pacific Committee for German Business (APA), Peter Loscher, serta Wakil Kanselir Jerman Republik Federal Jerman/Menteri Ekonomi dan Teknologi Republik Federal Jerman Phillip.

Pertemuan-pertemuan itu, menurut Yudhoyono, merupakan satu dari sejumlah upaya kedua negara untuk mendorong kerja sama Indonesia dan Jerman di bidang ekonomi.

Pada kesempatan itu, dia juga menjelaskan bahwa Jerman merupakan perekonomian terbesar keempat di dunia dan terbesar di Eropa sementara itu Indonesia merupakan perekonomian terbesar di Indonesia.

Yudhoyono beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Jerman, 3-6 Maret 2013. Turut mendampingi antara lain Ibu Negara, Ani Yudhoyono, Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, dan Menteri Perindustrian, MS Hidayat. 

(G003/ZG/R010)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013