Jakarta (ANTARA News) - PT Indofood Sukse Makmur Tbk meningkatkan kepemilikan di China Minzhong Food Corporation Limited (CMFC) dari semula 14,95 persen menjadi 29,33 persen dengan membeli saham milik Tetrad Ventures Pte Ltd sebanyak 92.245.382 lembar saham.

"Pembelian dilakukan pada 28 Februari 2013, melalui Bursa Efek Singapura dengan harga 1,12 dolar Singapura per lembar,," kata Presiden Direktur dan CEO Indofood, Anthoni Salim, dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Menurut Anthoni, peningkatan saham Indofood di CMCF tersebut sejalan dengan visi menjadi perusahaan "total food solution" yang terkemuka dengan kegiatan operasional mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, kemampuan budidaya dan pengolahan yang terintegrasi dari CMFC.

"Dengan akuisisi ini kami juga dapat memanfaatkan model bisnis, teknologi, dan kompetensi mereka untuk memperkuat mata rantai pasokan dan mengembangkan portofolio produk Indofood. Aliansi strategis ini akan saling menguntungkan kedua pihak," tegas Anthoni.

Sementara itu, Executive Chairman dan CEO CMFC, Lin Guo Rong mengatakan, Indofood dan CMFC telah mengidentifikasi berbagai potensi sinergi antara kedua perusahaan, seperti kerja sama strategis dalam mata rantai pasokan dan distribusi produk pasar di China dan Indonesia yang berkembang pesat.

Pembelian saham CMFC oleh Indofood merupakan wujud kepercayaan terhadap prospek jangka panjang CMFC, dan aliansi strategis ini akan memperluas pasar CMFC kedepannya dan membawa perusahaan lebih tumbuh dan berkembang.

Menurut catatan, CMFC merupakan pemain terkemuka dalam industri pengolahan sayuran di RRC yang terintegrasi.

Beroperasi sejak 1971, CMFC memiliki tujuh lokasi yang menjadi basis budidaya dan mendistribusikan produk ke lebih dari 26 negara di seluruh dunia.

(TZ.R017)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013