Berlin (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengawali hari kedua lawatannya ke Berlin, Jerman, dengan menerima kunjungan kehormatan mantan Presiden Republik Federal Jerman, Horst Kohler.

Presiden menemui Kohler di Hotel Adlon Kempinski, Berlin, Selasa pagi waktu setempat.

Horst Kohler adalah anggota Panel Tingkat Tinggi Tokoh Utama (High Level Panel Eminent Person/HLPEP) Agenda Pembangunan Pasca2015.

Presiden Yudhoyono, Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf menjabat sebagai ketua bersama HLPEP.

Dalam pertemuan yang dijadwalkan berlangsung lebih kurang satu jam itu, kedua tokoh disebut akan membahas perkembangan penyusunan rekomendasi agenda pembangunan setelah tahun 2015.

Pertemuan terakhir HLPEP mengenai agenda pembangunan setelah 2015 digelar di Liberia pada Januari lalu. Sementara itu pertemuan selanjutnya dijadwalkan digelar di Bali, Indonesia, pada akhir Maret.

Para tokoh itu --yang terdiri dari 26 tokoh penting di bidangnya yang ditunjuk langsung oleh PBB-- akan merumuskan poin-poin penting yang akan menggantikan delapan program Tujuan Pembangunan Millenium (MDGs) yang berakhir pada 2015.

Selain melakukan pertemuan dengan mantan Presiden Jerman, Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jerman Angela Merkel.

(G003)

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013