Singapura (ANTARA) - Yen naik tipis di awal sesi Asia pada Selasa pagi, tetapi tetap rentan terhadap pelemahan lebih lanjut, melayang di dekat level kunci 145 per dolar karena pasar waspada terhadap tanda-tanda intervensi, sementara dolar Australia bergerak naik menjelang keputusan kebijakan bank sentral.

Nilai tukar yen naik 0,17 persen pada 144,42 per dolar pada jam-jam awal Asia, tetapi tetap mendekati level terendah delapan bulan minggu lalu di 145,07 per dolar yang mendorong Menteri Keuangan Shunichi Suzuki memperingatkan terhadap penjualan yen yang berlebihan.

Sebelumnya pada Selasa, diplomat keuangan top Jepang Masato Kanda mengatakan bahwa para pejabat melakukan kontak dekat dengan Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan otoritas luar negeri lainnya hampir setiap hari mengenai mata uang dan pasar keuangan yang lebih luas.

"Ini mengirimkan sinyal bahwa intervensi terkoordinasi mungkin akan datang karena yen terus berada di atas 144 per dolar," kata Charu Chanana, ahli strategi pasar di Saxo Markets.

"Intervensi terkoordinasi biasanya memiliki dampak yang lebih tahan lama pada yen daripada intervensi sepihak."

Jepang membeli yen pada September, intervensi pertama di pasar untuk meningkatkan mata uangnya sejak 1998, karena janji Bank Sentral Jepang (BoJ) untuk mempertahankan kebijakan ultra-longgar selama diperlukan mendorong yen ke serendah 145 per dolar. Otoritas Jepang mengintervensi lagi pada Oktober setelah yen jatuh ke level terendah 32 tahun di 151,94.

Terhadap sekeranjang mata uang, dolar turun 0,039 persen menjadi 102,910 setelah data semalam menunjukkan manufaktur AS merosot lebih lanjut pada Juni, mencapai level yang terakhir terlihat ketika negara itu terhuyung-huyung dari gelombang awal pandemi COVID-19.

"Kami perkirakan ekonomi AS akan menghadapi resesi yang dimulai pada kuartal ketiga 2023," kata Kristina Clifton, ahli strategi mata uang senior di Commonwealth Bank of Australia (CBA).

Ia menambahkan bahwa itu kemungkinan akan menjadi hari yang tenang untuk pasar mata uang tanpa ada rilis data utama atau jadwal pidato bank sentral. Pasar AS ditutup untuk liburan Hari Kemerdekaan 4 Juli.

Fokus investor minggu ini akan tertuju pada data penggajian non-pertanian bersama dengan laporan pekerjaan untuk petunjuk lebih lanjut tentang pasar tenaga kerja yang lebih luas di Amerika Serikat. Risalah pertemuan Juni Federal Reserve AS juga akan dirilis pada Rabu (5/7/2023).

Pasar memperkirakan peluang hampir 87 persen untuk kenaikan 25 basis poin dalam pertemuan Federal Reserve berikutnya pada akhir bulan, alat CME FedWatch menunjukkan.

Fokus dalam jam Asia akan berada pada keputusan kebijakan dari Bank Sentral Australia (RBA).

Pasar condong ke arah jeda, dengan swap memperkirakan peluang 63 persen untuk mempertahankan suku bunga setelah data minggu lalu menunjukkan inflasi konsumen melambat ke level terendah 13 bulan pada Mei. Tetapi para ekonom terpecah pada hasilnya, dengan 16 dari 31 yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan dan sisanya memperkirakan bank akan bertahan.

Sejak jeda yang mengejutkan pada April dan kenaikan berikutnya pada Mei dan Juni, sebagian besar ekonom terbagi dalam beberapa bulan terakhir atas langkah RBA selanjutnya.

Clifton dari CBA mengatakan sedikit penurunan inflasi pada Mei akan menyenangkan RBA tetapi dengan pasar tenaga kerja yang ketat serta tekanan harga yang masih tinggi, kenaikan 25 basis poin tidak akan mengejutkan.

"Kami memperkirakan bahwa kenaikan akan mendorong Aussie naik secara moderat sebesar 0,8 persen selama pernyataan pasca pertemuan tidak bersifat dovish. Tidak ada perubahan atau kenaikan yang dovish dapat menarik dolar Australia sedikit lebih rendah."

Dolar Australia berada di 0,668 dolar AS, naik 0,16 persen terhadap dolar AS, sementara dolar Selandia Baru juga naik 0,16 persen di 0,616 dolar AS.

Euro naik 0,02 persen menjadi 1,0913 dolar, sementara sterling terakhir menguat 0,06 persen menjadi 1,2699 dolar.


Baca juga: Yen dan dolar turun, pedagang pertimbangkan jalur kenaikan bunga Fed
Baca juga: Dolar turun karena data ekonomi tunjukkan pendinginan belanja konsumen
Baca juga: Yen jatuh tembus 145 per dolar, otoritas Jepang berpotensi intervensi

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023