Lampung Selatan (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengharapkan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja Tingkat Nasional IX/2023 menjadi ajang silaturahim antar-anggota PMR dan kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia serta 12 negara sahabat.

"Harapan saya dalam ajang Jumbara ini dapat mempererat tali silahturahmi," kata dia di Lampung Selatan, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat membuka Jumbara PMR Tingkat Nasional IX/2023 di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Selain itu, ujar dia, Jumbara PMR juga membuat generasi muda mengerti tentang pentingnya perdamaian, kemanusiaan, dan kerukunan.

"Membuat generasi muda dapat mengerti bagaimana perdamaian, kemanusiaan, dan kerukunan," ujar dia.

Baca juga: Peserta PMI diberi pelatihan jurnalistik remaja di Jumbara

Pembukaan secara meriah ajang itu ditandai, antara lain penampilan parade budaya dari berbagai provinsi dan Tarian Tuping khas Lampung yang disajikan ratusan siswa dan siswi dari sekolah di Lampung Selatan, serta penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen dan peserta Jumbara PMR Tingkat Nasional IX/2023 di daerah tersebut.

"Untuk itu saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, mengucapkan selamat datang di Kota Kalianda kepada seluruh peserta PMI, pejabat negara, dan kontingen yang sudah berada di sini untuk mengikuti acara pembukaan Jumbara tingkat nasional," kata dia.

Jumbara PMR Tingkat Nasional IX/2023 diselenggarakan di Kabupaten Lampung Selatan selama 2-10 Juli 2023 dengan diikuti sekitar 4.200 peserta dari seluruh PMI provinsi se-Indonesia. Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari sejumlah negara sahabat, di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Italia, Tiongkok, dan Timor Leste.

Baca juga: Kontingen PMI Jabar siap tampilkan kearifan lokal Sunda di Jumbara
Baca juga: Peserta Jumbara Nasional terus berdatangan hingga malam hari
Baca juga: Ribuan peserta Jumbara Nasional 2023 tiba di Lampung Selatan

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023