Dortmund (ANTARA News) - Borussia Dortmund memastikan tempat mereka di babak perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, melalui kemenangan 3-0 di kandang sendiri atas Shakhtar Donetsk di pertandingan leg kedua babak 16 besar yang dimainkan pada Selasa (Rabu WIB).

Setelah bermain imbang 2-2 di Ukraina tiga pekan silam pada pertandingan leg pertama, Borussia menang agregat 5-2 berkat gol-gol Felipe Santana, Mario Goetze, dan Jakub "Kuba" Blaszczykowski yang menyempurnakan permainan dominan juara Jerman itu, lapor AFP.

Dortmund berada di babak delapan besar untuk pertama kalinya sejak 1998, ketika sebagai juara bertahan mereka kalah di semifinal.

Pada malam itu, pelatih Shakhtar Mircea Lucescu memprediksi bahwa pemenang pertandingan ini akan mencapai final di Stadion Wembley pada 25 Mei, dan Dortmund membenarkan pernyataan itu dengan penampilan impresif.

Ini merupakan kemenangan kandang berturut-turut keempat mereka di Eropa musim ini, di Stadion Signal Iduna Park, dan kemenangan kelima mereka secara keseluruhan.

Bek Jerman Mats Hummels, yang mencetak gol penyama kedudukan di Donetsk, melewatkan pertandingan ketiganya secara berturut-turut karena sakit flu, namun bek tengah Brazil Santana membuktikan dirinya dapat diandalkan.

Tuan rumah berupaya menekan sejak awal pertandingan, di mana Goetze dan gelandang bertahan Ilkay Gundogan menjadi pusat beberapa serangan ketika hanya tembakan terakhir yang diperlukan Dortmund untuk mencetak gol.

Gol pembuka didapat Dortmund ketika Santana menanduk bola pada menit ke-31, ketika ia menyambar umpan silang Goetze untuk membukukan gol pertamanya sejak Januari.

Gol kedua terjadi beberapa menit kemudian, ketika Goetze menambahi sentuhan keajaiban kepada umpan silang Lwandowski, dan menggunakan tumitnya untuk menendang bola ke sudut jauh, di mana kiper Donetsk Andriy Pyatov terpaku di bagian tengah gawnag, untuk memuat babak pertama diakhiri dengan skor 2-0.

Dengan dipertaruhkannya posisi mereka di Liga Champions, Shakhtar mencoba bangkit dan melawan pada babak kedua di mana pemain Brazil Douglas Costa, yang bermitra dengan kompatriotnya Taison di sektor sayap kanan, dan Alex Texeira hampir menyusul mereka berdua.

Namun pemenang pertandingan ini telah diputuskan secara efektif ketika Blaszczykowski menyambar bola tepisan Pyatov, namun bola jatuh ke jalur kapten Polandia itu dan ia mencetak gol penutup pada menit ke-59.

Beberapa peluang Shakhtar berakhr di atas permukaan lapangan, dan Pyatov berduka ketika Dorrmund merayakan kemenangan di sudut kiri yang dipimpin oleh pencetak gol asal Polandia.

Hal yang patut dihormati dari Donetsk adalah mereka tetap menekan pertahanan Dortmund.

Kapten Borussia Roman Weidenfeller perlu melentingkan tubuhnya untuk memblok sepakan Yaroslav Rakitskiy dari jarak dekat pada menit ke-77, sedangkan Reus membuang peluang bagus di sisi lain pada sepuluh menit terakhir.

Dortmund dapat bergabung dengan sesama tim-tim Jerman lain di delapan besar seperti Shcalke 04, yang akan menjamu Galatasaray, dan Bayern Munich, yang akan menjamu Arsenal, pekan depan. (RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013