New York (ANTARA News) - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Henry Kissinger, dirawat di satu rumah sakit di New York, Selasa, setelah jatuh di rumahnya.

Dia diperkirakan keluar dari rumah sakit, Selasa malam, kata New York-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center dalam satu pernyataan. Seorang juru bicara rumah sakit menolak memberikan rincian lebih lanjut.

Kissinger, 89 tahun, pendapat-pendapatnya tetap terkemuka mengenai kebijakan luar negeri AS sejak ia bertugas di bawah Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford pada '70-an. Kissinger, terlahir di Wuntz, Jerman, pada 27 Mei 1923, dengan nama Heinz Alfred Kissnger, semula seorang penulis yang beralih menjadi politisi.

Pandangan dan sikap politiknya dianggap kalangan diplomatik dunia telah menjadi seni tersendiri yang sangat mewarnai kebijakan luar negeri dan kawasan Amerika Serikat setelah masa jabatannya. 

Dia berperan besar pada normalisasi hubungan Amerika Serikat-China pada 1971, melunakkan ketegangan negaranya dengan Uni Soviet melalui langkah detente-nya. Kissinger berperan menentukan dalam pengakhiran Perang Viet Nahm melalui Kesepakatan Damai Paris (Paris Peace Accord) pada 1973, yang membawa dia sebagai penerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun sama.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013