Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev mengaku "tersentuh" dengan sambutan yang dia terima dari penggemar Wimbledon, Rabu waktu setempat.

"Sambutan hari ini, saya tidak terlalu sering merasakannya. Saya sangat tersentuh olehnya," kata petenis berusia 27 tahun itu, seperti disiarkan AFP, Kamis.

Petenis nomor tiga dunia itu menandai kembalinya dia ke Wimbledon setelah larangan berkompetisi tahun lalu dengan kemenangan straight set atas petenis wild card Inggris kelahiran Prancis Arthur Fery.

Medvedev mengaku tidak yakin bagaimana reaksi para penggemar tenis di Inggris terhadap kembalinya petenis Rusia dan Belarus, yang dilarang bertanding di Wimbledon pada 2022 sebagai tanggapan atas perang di Ukraina.

"Saya akan mencoba dan mengembalikannya, menunjukkan permainan tenis yang bagus. Saya akan berusaha dan tidak menjadi gila, tidak menjadi anak yang egois di lapangan. Terkadang saya bisa," ujar Medvedev.

Baca juga: Kalahkan Rune di Roma, Medvedev raih trofi turnamen tanah liat pertama

Juara US Open 2021 itu mengalahkan petenis peringkat ke-391 Fery 7-5, 6-4, 6-3.

Medvedev menikmati penampilan terbaiknya di Wimbledon pada penampilan terakhirnya 2021, ketika ia mencapai babak 16 besar mengalahkan mantan runner-up Marin Cilic dalam perjalanannya.

Mantan petenis nomor satu dunia itu tiba di London dengan membawa lima gelar atas namanya tahun ini, yaitu empat di lapangan keras dan satu di lapangan tanah liat di Roma.

Namun, kepercayaan dirinya tergerus oleh kekalahan mengejutkan di babak pertama French Open dari petenis kualifikasi Brazil Thiago Seyboth Wild.

Lolos ke perempat final di Halle bulan lalu setidaknya memberinya kepercayaan diri di lapangan rumput.

Baca juga: Rybakina gugup ditonton Federer saat lewati babak pertama Wimbledon

"Ketika saya menjadi pemain top, terutama di lapangan keras, saya merasa bisa memenangi banyak pertandingan hanya dengan mengetahui apa yang harus dilakukan," ujar Medvedev.

"Tapi saat ini saya tidak merasa betah bermain di rumput. Saya memiliki setiap kesempatan untuk mencoba tampil baik, dan saya akan mencoba itu dalam dua minggu ini," katanya menambahkan.

Medvedev akan menghadapi petenis Prancis Adrian Mannarino atau rekan senegaranya Alexander Shevchenko untuk memperebutkan satu tempat di babak 32 besar.

Baca juga: Djokovic catat kemenangan pertandingan Grand Slam ke-350 di Wimbledon

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023