Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China pada Kamis (6/7) meluncurkan respons darurat tingkat empat terhadap banjir, seiring hujan lebat diperkirakan akan mengguyur sebagian besar wilayah di negara itu dalam beberapa hari ke depan.

Dengan hujan yang diperkirakan akan melanda sebagian wilayah China barat daya, area di antara Sungai Kuning dan Sungai Huaihe, China timur laut, Provinsi Hubei, Provinsi Shaanxi, serta daerah lainnya antara Kamis hingga Minggu (9/7), ketinggian air kemungkinan akan melampaui garis peringatan di beberapa sungai di daerah-daerah yang terdampak, menurut kementerian itu.

Kementerian tersebut mengaktifkan respons darurat tingkat empat terhadap banjir di Jiangsu, Anhui, Hubei, Chongqing, dan Guizhou.

Kementerian itu juga memerintahkan departemen setempat untuk memantau perubahan cuaca, memperkuat prakiraan curah hujan dan ketinggian air di wilayah mereka, menyiapkan pencegahan banjir dan aliran air dari gunung (mountain torrent), serta memastikan keselamatan nyawa dan harta benda warga.

China memiliki sistem respons darurat pengendalian banjir empat tingkat, dengan tingkat satu mewakili respons darurat terkuat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023