Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggandeng model kenamaan Angela Gilsha untuk menggelorakan semangat pesenam muda yang mengikuti Kejuaraan Indonesia Gymnastics Open 2023 di Tangerang Convention Center dan GOR Jatiuwung, Tangerang, Banten, 4-6 Juli.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, Gilsha terus aktif dalam mengampanyekan olahraga, baik itu olahraga rekreasi agar masyarakat tetap bugar maupun melalui olahraga prestasi.

Kegiatan yang dilakukan Angela Gilsha merupakan respon atas ajakan dan dorongan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang ingin setiap cabang olahraga bisa mendapat dukungan dari para anak muda yang menginspirasi.

Dengan demikian, angka partisipasi masyarakat untuk terus berolahraga, bergerak, hingga mencapai kebugaran terus mengalami peningkatan yang berujung pada prestasi.

"Saya bersama Mas Menpora Dito berupaya untuk terus memompa semangat para atlet khususnya untuk atlet muda karena ini merupakan sebuah investasi bagi prestasi senam Indonesia ke depan, terlebih olahraga gymnastics ini merupakan salah satu mother of sport," kata Angela Gilsha yang hadir mendampingi Dito menghadiri Indonesia Gymnastics Open 2023, kemarin.

Pada kesempatan tersebut, perempuan 29 tahun tahun itu turut mempraktikkan nomor senam pada alat palang bertingkat serta balok keseimbangan. Upaya tersebut dilakukan Gilsha untuk mendongkrak semangat para atlet senam agar semakin giat berlatih, mempersiapkan diri membela nama bangsa di pentas internasional.

"Tak hanya kepada mereka para atlet muda calon penerus ini, namun para atlet senior ayo semangat berlatih, terus tingkatkan prestasi yang sudah baik di ajang SEA Games lalu untuk jenjang yang lebih tinggi lainnya, baik itu di multievent maupun single event," ujarnya.

Baca juga: Kemenpora jadikan senam olahraga wajib di seluruh tingkat pendidikan

Langkah Menpora Dito dalam menyebarkan 'virus' bugar melalui olahraga, olah rasa, dan olah karya dengan menggandeng publik figur dinilai tepat. Pasalnya tak hanya berlabel artis, ternyata Angela Gilsha pun sangat dekat terhadap olahraga senam sehingga mendapat apresiasi Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani).

"Cara yang dilakukan oleh Mas Menpora Dito itu memang unik, menggandeng para kawula muda, publik figur untuk menarik minat masyarakat agar terus berolahraga, bukan hanya pada olahraga rekreasi, maupun olahraga prestasi, terutama pada cabang olahraga senam ini," kata Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan PB Persani Dian Arifin.

"Saya menilai ini terobosan yang bagus karena dari banyaknya partisipasi masyarakat dalam berolahraga terlebih pada sektor usia muda, ke depannya pasti akan menghasilkan bibit yang mampu berprestasi bagi Indonesia di ajang internasional," ujarnya menambahkan.

Dalam kunjungan kerja ke Kejuaraan Indonesia Gymnastics Open yang digelar untuk tahun ke-2 itu, Menpora Dito memberikan semangat kepada atlet-atlet junior dengan membawa pesan gelorakan olahraga gymnastics yang merupakan salah satu mother of sport.

"Jadi pesan pokoknya adalah latihan yang semangat dan terus gelorakan olahraga gymnastics ini. Jadi selamat dan kembali bertanding dan semoga bisa meraih prestasi yang gemilang," pungkas Dito.

Baca juga: Menpora: Olahraga senam perlu didukung, apalagi sudah masuk kurikulum
Baca juga: 550 atlet senam ikuti Indonesia Open Gymnastic 2023 di Tangerang

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023