Beijing (ANTARA) - Otoritas meteorologi China pada Jumat (7/7) memperbarui peringatan kuning untuk cuaca konvektif parah dan peringatan biru untuk aliran air deras dari gunung di beberapa daerah.

Sejak Jumat pukul 20.00 hingga Sabtu (8/7) pukul 20.00 waktu setempat, badai petir, angin kencang, dan hujan es diperkirakan melanda sejumlah bagian Mongolia Dalam, Heilongjiang, Jilin, Liaoning, Hebei, Shandong, Anhui, Jiangsu, dan Hubei, menurut Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China.

Curah hujan singkat dan lebat dengan presipitasi per jam mulai dari 30 milimeter hingga lebih dari 70 milimeter akan melanda sebagian Mongolia Dalam, Heilongjiang, Jilin, Liaoning, Shandong, Anhui, Jiangsu, Shanghai, Hubei, Zhejiang, Sichuan, Chongqing, dan Guizhou, kata NMC.

NMC menyarankan masyarakat untuk melakukan langkah pencegahan terhadap hujan lebat, petir, dan angin kencang, serta merekomendasikan mengurangi kegiatan di luar ruangan.

NMC juga memperbarui peringatan biru untuk aliran air dari gunung. Dari Jumat pukul 20.00 hingga Sabtu pukul 20.00, beberapa area di Mongolia Dalam, Jilin, Anhui, Hubei, Chongqing, dan Guizhou kemungkinan akan dilanda aliran air dari gunung, menurut peringatan yang dikeluarkan oleh NMC dan Kementerian Sumber Daya Air China.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru.

Sebelumnya pada bulan ini, otoritas setempat memperingatkan bahwa China akan menghadapi beberapa bencana alam pada Juli, termasuk banjir, cuaca konvektif yang parah, topan, dan suhu tinggi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023