Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam menyebut 2.975 orang haji telah tiba di Tanah Air yang tergabung dalam delapan kelompok terbang (kloter).

Kepala Bidang Dokumen PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam Nurhidayati di Batam, Sabtu angka tersebut menyusul kedatangan jamaah haji kloter delapan sebanyak 369 orang melalui Bandara Hang Nadim Batam pada Sabtu sekitar pukul 03.10 WIB.

"Sampai saat ini sudah ada delapan kloter yang kembali ke Batam dan sudah ada 2.975 orang haji yang kembali ke daerahnya masing-masing. Alhamdulillah perjalanan kembali berlangsung dengan lancar," kata Nurhidayati.

Ia menjelaskan ada satu jamaah kloter BTH-08 yang meninggal dunia di Arab Saudi, yaitu Subani Firdaus Samad Thana (62) asal Kota Pekanbaru, Riau.

"Subani Firdaus Samad Thana meninggal dunia di Mekkah, 16 Juni 2023 karena sakit jantung dan dimakamkan di pemakaman Sharae," ujar dia.

Nurhidayati menyampaikan jamaah kloter delapan yang berangkat ke Arab Saudi berasal dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hilir.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat waktu kepulangan ke Tanah Air, ada lima orang haji mutasi masuk untuk pulang bersama kloter BTH-08 yang seluruhnya dari kloter BTH-09.

Sebelumnya, Seorang jamaah haji asal Provinsi Riau, atas mana Yurli Bin Namu Badu (78) wafat di Kota Batam, Kepulauan Riau usai menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Pengusahaan (BP) Batam.

Nurhidayati mengatakan berdasarkan rekam medis, jamaah haji tersebut mengidap sakit cardiovascular diseases atau kondisi jantung yang mencakup pembuluh yang sakit, masalah struktur, dan pembekuan darah.

Ia menjelaskan jenazah Yusli telah dipulangkan pada Sabtu pagi dan akan dimakamkan di daerah asalnya.

"Jamaah atas nama Yurli Bin Namu Badu (78) asal Pekanbaru dikabarkan meninggal dunia pada 7 Juli pukul 12.56 siang hari, dan pagi tadi kita antar ke bandara menuju Pekanbaru," kata Nurhidayati.
Baca juga: Seorang haji asal Riau wafat usai jalani perawatan medis di RSBP Batam
Baca juga: PPIH Batam: 27 peserta haji meninggal dunia di Tanah Suci
Baca juga: Penyambutan haji lansia diprioritaskan di PPIH Debarkasi Batam

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2023