Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu Junaedi menggalang kerja sama dengan berbagai pihak untuk mempercepat penurunan tengkes (stunting) di wilayah itu, antara lain melalui Gerakan Bersama Turunkan Stunting (Geber Tuntas).

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan Geber Tuntas di RPTRA Nyiur Melambai, Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara memiliki empat kegiatan yaitu membangun kelengkapan posyandu, pemberian makanan tambahan (PMT), perbaikan sarana sanitasi di 12 titik serta sosialisasi dan pelatihan masyarakat.

Dia berharap gerakan bersama itu mampu menekan angka tengkes di wilayah Kepulauan Seribu.

"Mudah-mudahan isu 'stunting' di Kepulauan Seribu bisa teratasi, sehingga anak-anak di Kepulauan Seribu menjadi sumber daya manusia yang mumpuni dan bisa bersaing dengan sumber daya yang ada di Indonesia," ujar Junaedi.

Junaedi menambahkan, berdasarkan pendataan pada aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM), terdapat penurunan angka tengkes di Kepulauan Seribu dari 8,29 persen pada 2021 menjadi 6,48 persen pada 2022.

Baca juga: Pemprov DKI terus berupaya turunkan angka stunting

"Inovasi dan kegiatan terus dilakukan, salah satunya dengan membuat Dapur Sehat Atasi Stunting, Gerakan Gemar Makan Ikan, pertemuan kelas ibu hamil, mencegah kejadian tengkes pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK-red) serta penyuluhan cegah tengkes pada anak," kata Junaedi.

Dia menambahkan, percepatan penurunan tengkes, secara khusus di Kepulauan Seribu Utara, pihaknya telah bekerja sama dengan Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatera (PHE OSES).

"Saya sangat memberikan apresiasi kepada mereka karena menurut sejarahnya kenapa Kepulauan Seribu yang dulu kecamatan bisa ditingkatkan jadi kabupaten itu karena ada Pulau Pabelokan," kata Junaedi.

Senior Manager Relations PHE OSES Agus Supriyanto menyambut baik adanya kerja sama penurunan tengkes dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu di Kepulauan Seribu Utara tersebut.

Agus mengatakan akan menyinkronkan Geber Tuntas dengan program serupa yang dimiliki pihaknya yaitu kegiatan 'Selamatkan Stunting dan Gizi Buruk Bersama Pertamina' (Seribu Asa).

Baca juga: Pemkot Jakbar pacu pembangunan MCK komunal guna tekan stunting

“Kami mempunyai program Seribu Asa, di sini ada empat aktivitas yang kami lakukan, dari empat program itu kami harapkan efektif membantu program pemerintah di Kepulauan Seribu untuk dapat meningkatkan gizi dan memberantas tengkes," kata Agus.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023