Miami (ANTARA News) - Perkembangan ganggang merah dituding menyebabkan kematian 174 manatee atau yang kadang disebut lembu laut di sepanjang pesisir barat daya Gulf Coast, Florida, tahun ini.

Pernyataan Komisi Konservasi Margasatwa dan Ikan Florida yang dikutip Reuters menyebutkan, kejadian itu merupakan kematian manatee terbesar yang berhubungan dengan gelombang ganggang merah dalam setahun.

Catatan sebelumnya, gelombang ganggang merah menyebabkan kematian 146 manatee pada 1996, kebanyakan selama Maret dan April.

Manatee Florida, yang rata-rata panjangnya sekitar tiga meter dengan bobot sekitar 454 kilogram, sudah lama terancam punah dan dilindungi oleh undang-undang Amerika Serikat tentang spesies langka tahun 1973.

Petugas di Florida mengatakan sebanyak 81 mamalia laut herivora itu mati tahun lalu dan selama 2013 ini sudah 205 yang mati karena berbagai penyebab.

Organisme sel tunggal yang membawa gelombang merah dapat mengeluarkan gas beracun saat mati, dan racun tersebut diduga membuat manatee sakit.

"Pertanda bahwa manatee terpengaruh gelombang merah di antaranya kurangnya koordinasi dan stabilitas dalam air, otot yang berkedut dan kesulitan mengangkat kepala untuk bernafas," demikian laporan dari Komisi Perlindungan Margasatwa dan Ikan Florida.

Gelombang ganggang merah yang menyebar di laut pesisir barat daya Florida pertama terlihat pada September lalu.       


Penerjemah : Maria D. Andriana

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013