Athena (ANTARA) - Pelabuhan Piraeus pada Senin (10/7) menyambut OOCL PIRAEUS, sebuah kapal baru milik Orient Overseas Container Line Europe (OOCL) dan juga salah satu kapal peti kemas terbesar di dunia.

Dalam pelayaran pulang-pergi selama 84 hari, yang merupakan perjalanan perdananya yang menghubungkan Asia dan Eropa, kapal peti kemas tersebut tiba pada Senin di Piraeus Container Terminal S.A. (PCT), anak perusahaan dari COSCO Shipping.
 
OOCL PIRAEUS, salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, memasuki pelabuhan Piraeus di Piraeus, Yunani, 10 Juli 2023. (Xinhua)



Dengan total panjang 399,9 meter dan lebar 61,3 meter, OOCL PIRAEUS memiliki kapasitas 24.188 TEU (twenty-foot equivalent unit) kontainer dan merupakan salah satu kapal peti kemas terbesar di dunia, menurut siaran pers PCT.   Saat ini Piraeus berada di puncak daftar pelabuhan peti kemas di Mediterania dan menjadi tujuan perdagangan di antara empat pusat perdagangan laut terpenting di Eropa, imbuh Zhang.

"Kehadiran OOCL PIRAEUS di sini hari ini menandakan fakta bahwa Pelabuhan Piraeus menjadi penghubung penting rute perdagangan baru yang menghubungkan Timur Jauh (Far East) dengan Eropa dan Afrika," tutur Zhang Anming, direktur pelaksana PCT, dalam upacara penyambutan khusus.
 
 
Foto udara yang diambil pada 10 Juli 2023 ini menunjukkan OOCL PIRAEUS, salah satu kapal peti kemas terbesar di dunia, tiba di pelabuhan Piraeus di Piraeus, Yunani. (Xinhua)



Saat ini Piraeus berada di puncak daftar pelabuhan peti kemas di Mediterania dan menjadi tujuan perdagangan di antara empat pusat perdagangan laut terpenting di Eropa, imbuh Zhang

Mengambil alih pengelolaan terminal II dan III Piraeus pada 2010, PCT mengubah Piraeus menjadi salah satu pusat transportasi kargo internasional terpenting di kawasan Mediterania dan Eropa.
 
Foto udara yang diambil pada 10 Juli 2023 ini menunjukkan OOCL PIRAEUS, salah satu kapal peti kemas terbesar di dunia, tiba di pelabuhan Piraeus di Piraeus, Yunani.(Xinhua)


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023