Singapura (ANTARA) - Minyak hampir tidak bergerak di perdagangan Asia pada Rabu sore, karena pasar mempertimbangkan kemungkinan peningkatan stok minyak mentah AS dan kekhawatiran ekonomi terhadap rencana pengurangan pasokan oleh eksportir minyak terbesar dunia dan harapan untuk permintaan global yang lebih tinggi.

Minyak mentah berjangka Brent terkikis 6 sen menjadi diperdagangkan di 79,34 dolar AS per barel pada pukul 06.15 GMT. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS juga tergelincir 6 sen menjadi diperdagangkan pada 74,77 dolar AS per barel.

"Pada dasarnya, kita harus mencapai situasi defisit pasokan pada kuartal ketiga, tetapi apakah itu dikalahkan oleh kekhawatiran resesi dan sentimen hati-hati seputar kenaikan suku bunga, masih harus dilihat," kata analis energi utama DBS Bank, Suvro Sarkar.

Investor sedang menunggu data inflasi AS pada Rabu waktu setempat untuk petunjuk prospek suku bunga di ekonomi terbesar dunia itu. Suku bunga yang lebih tinggi dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

Untuk saat ini, pasar menilai peluang 92 persen untuk kenaikan 25 basis poin suku bunga Fed akhir bulan ini, alat CME FedWatch menunjukkan.

Dalam tanda permintaan bearish, persediaan minyak mentah AS naik sekitar 3 juta barel dalam seminggu hingga 7 Juli, kata sumber pasar, mengutip angka industri American Petroleum Institute (API). Para analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 500.000 barel dalam stok minyak mentah.

Jika dikonfirmasi dalam data dari Badan Informasi Energi AS (EIA) pada Rabu, itu akan menjadi stok minyak mentah pertama dalam empat minggu dan dibandingkan dengan peningkatan 3,3 juta barel pada minggu yang sama tahun lalu dan penurunan rata-rata lima tahun. sebesar 6,9 juta barel.

Namun demikian, prakiraan dari EIA AS dan Badan Energi Internasional (IEA) menunjukkan pengetatan pasar hingga tahun 2024. EIA memproyeksikan permintaan global akan melampaui pasokan sekitar 100.000 barel per hari pada tahun 2023 dan 200.000 barel per hari pada tahun 2024.

Secara terpisah, Badan Energi Internasional mengatakan pasar minyak akan tetap ketat pada paruh kedua tahun 2023, mengutip permintaan yang kuat dari China dan negara-negara berkembang dikombinasikan dengan pengurangan pasokan yang diumumkan baru-baru ini, antara lain oleh eksportir utama Arab Saudi dan Rusia.

Produsen utama Arab Saudi pekan lalu berjanji untuk memperpanjang pengurangan produksi 1 juta barel per hari pada Agustus, sementara Rusia akan memangkas ekspor sebesar 500.000 barel per hari.

"Prospek permintaan minyak mentah jangka pendek seharusnya tidak seburuk itu, karena semua orang berlibur yang membutuhkan perjalanan musim panas ini," kata analis senior OANDA, Edward Moya.

Baca juga: Dolar jatuh di Asia jelang data inflasi AS, pound di puncak 15 bulan
Baca juga: Saham Asia dibuka menguat dan dolar jatuh, jelang data inflasi AS
Baca juga: Harga emas "rebound" karena dolar AS jatuh ke level terendah dua bulan

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023