Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember mencatat bahwa daftar pemilih tetap (DPT) disabilitas pada Pemilu 2024 sebanyak 6.435 pemilih yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi mengatakan ribuan pemilih disabilitas tersebut terdiri dari enam kelompok yakni disabilitas fisik, mental, intelektual, sensorik netra, sensorik wicara, dan sensorik rungu.

"Petugas sudah melakukan pendataan dengan seksama terkait dengan jumlah DPT disabilitas sesuai dengan kelompok yang ditentukan," katanya saat dikonfirmasi per telepon dari Jember, Kamis.

Secara rinci, jumlah disabilitas fisik sebanyak 3.872 pemilih, kemudian intelektual sebanyak 201 pemilih, mental sebanyak 913 pemilih, sensorik wicara sebanyak 546 pemilih, sensorik rungu sebanyak 201 pemilih, dan sensorik netra sebanyak 70 pemilih.

"Penyelenggara pemilu memberikan jaminan terpenuhinya hak pemilih disabilitas sesuai dengan DPT kategori disabilitas di seluruh tempat pemilihan suara (TPS) di wilayah setempat," tuturnya.

Hanafi menjelaskan bahwa pihaknya berharap data DPT disabilitas tersebut dapat menjadi perhatian para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sehingga para penyandang disabilitas tersebut dapat menyalurkan hak suaranya tanpa mengalami kendala.

"Jumlah pemilih disabilitas pada tiap TPS itu akan dimunculkan saat pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024, sehingga persiapan itu akan disampaikan dalam data pemilih setiap TPS," katanya.

Sebagaimana amanat Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2022 Pasal 4 huruf e menyebutkan penyandang disabilitas maupun kelompok rentan berhak mendapatkan kemudahan dalam pemilu.

Pasal tersebut mengatur agar memberikan kemudahan bagi kelompok rentan dan penyandang disabilitas guna mewujudkan kesamaan dan kesempatan dalam pemilu dan pemilihan.

"Saya berharap semua TPS di Jember menjadi TPS inkusif untuk mempermudah akses pemilih disabilitas dalam menyalurkan hak pilihnya pada pemungutan suara Pemilu 2024, sehingga partisipasi pemilih disabilitas juga diharapkan meningkat," katanya.

Jumlah DPT Pemilu 2024 di Jember sebanyak 1.972.216 orang, terdiri dari 997.449 orang pemilih perempuan dan 974.767 orang pemilih laki-laki yang tersebar pada 248 desa dan kelurahan dengan jumlah 7.706 TPS .

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023