Beijing (ANTARA) - Wakil Gubernur Bank Rakyat China (PBOC) Liu Guoqiang memprediksi Indeks Harga Konsumen (CPI) negara itu mendekati 1 persen pada akhir 2023.

Pernyataan itu dikatakan Liu pada sebuah konferensi pers sebagai respons atas pelemahan pertumbuhan harga di negara tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Juni, CPI China menunjukkan statistik yang datar dibandingkan dengan periode tahun lalu, dan lebih rendah dari kenaikan 0,2 persen pada Mei lalu, sedangkan indeks harga produsen turun 5,4 persen.

Liu mengatakan CPI tersebut dapat terus menurun pada Juli karena jeda waktu dalam pemulihan permintaan dan efek dasar. Namun menurut dia, secara bertahap akan naik mulai Agustus berkat kondisi moneter yang proporsional dan moderat, ekspektasi penduduk yang stabil, serta penutupan kesenjangan penawaran dan permintaan.

"Kami tidak melihat adanya deflasi saat ini dan begitu pula tidak akan ada risiko deflasi pada paruh kedua tahun ini," kata Liu.

Liu mengatakan perekonomian China telah pulih dengan stabil, disertai M2 yang mempertahankan pertumbuhan relatif kuat, yang jelas sangat berbeda dari deflasi tipikal dalam catatan sejarah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023