Jakarta (ANTARA News) - Gol kesebelas Wayne Rooney di Liga Premier musim ini sudah cukup mengantarkan Manchester United unggul 15 poin dari pesaingnya, Manchester City, yang justru menelan kekalahan Sabtu malam tadi.

MU kian sulit dikejar dan makin dekat ke tangga juara liga dengan tinggal menyisakan sembilan pertandingan ke depan.

Kekalahan Manchester City dari Everton pada laga sebelumnya dalam hari yang sama membuat United mendekati rekor selisih poin terbesar dalam sejarah Liga Inggris, yaitu 18 poin yang tercipta ketika United juara pada 2000.

Rooney menciptakan gol penting pada menit 21, kendati arsitek dari gol ini, bek tengah Rio Ferdinand, baru saja dipanggil Roy Hodgson untuk memperkuat timnas Inggris.

Terobosan Ferdinand yang dilanjutkan kepada rekan sesama anggota timnas Inggris itu berujung dengan tendangan Rooney yang membentur bek Reading Alex Pearce dan lalu memperdaya kiper Stuart Taylor.

Ashley Young sempat membuka peluang pada menit 20 setelah menyambut umpan silang Ferdinand, namun sayang pasokan bola dari Young hanya beberapa inchi dari kaki Robin van Persie.

Reading berusaha menekan di awal babak kedua dan nyaris mendapat peluang gol setelah bek United Nemanja Vidic terselamatkan dari hukuman penalti padahal dia terlihat mendorong Adrian Mariappa di kotak penalti.

Kedudukan 1-0 bertahan sampai pertandingan usai.  Sementara pada pertandingan sebelumnya, pesaing United, Manchester City, tumbang dari tuan rumah Everton 0-2.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013