Beijing (ANTARA) - Pusat Pengendalian Banjir dan Bantuan Kekeringan Negara China pada Sabtu meluncurkan tanggap darurat Level IV untuk ancaman topan dan banjir yang melanda di wilayah provinsi selatan Guangdong, Guangxi dan Hainan, saat badai topan keempat tahun ini mendekat.

Topan itu diperkirakan bergerak dari barat ke utara dengan kecepatan 10 hingga 15 km per jam dan mendarat di wilayah pesisir Hainan timur atau Guangdong barat antara Senin malam dan Selasa pagi, demikian otoritas meteorologi menyebutkan.

China memiliki sistem tanggap darurat pengendalian banjir empat tingkat, dengan tingkat I sebagai tanggap darurat paling parah. Satu unit tim kerja telah dikirim ke Guangdong untuk memberikan panduan dan dukungan dalam upaya bantuan bencana lokal.

Otoritas setempat dianjurkan untuk memperkuat pemantauan real time dan upaya pencegahan bencana, serta mengimbau masyarakat dan kapal untuk kembali ke pelabuhan atau mencari tempat berlindung.

Kementerian Sumber Daya Air China juga mengaktifkan tanggap darurat tingkat IV untuk risiko banjir di enam daerah setingkat provinsi di China selatan karena topan diperkirakan akan membawa badai dan banjir.

Kementerian itu mengirim dua tim kerja ke sejumlah daerah termasuk Guangdong, Guangxi, dan Hainan untuk membantu upaya pencegahan bencana setempat.

Berbagai upaya harus diperkuat untuk memastikan keamanan sejumlah waduk dan tanggul, serta waspada terhadap banjir di sungai-sungai kecil dan aliran air deras dari gunung, kata pihak kementerian.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023