Jambi (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi mengapresiasi kerja sama antardaerah yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi dan Kabupaten Sleman dalam rangka pengendalian inflasi.

"Kami juga minta kabupaten dan kota di Jambi terutama daerah perhitungan inflasi untuk melakukan hal yang sama seperti yang Kota Jambi lakukan dengan Kabupaten Sleman," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Hermanto, di Jambi, Minggu.

Menurutnya, Kota Jambi menjadi contoh bagi kabupaten dan kota lainnya untuk menjalin kerja sama pengendalian inflasi pangan. Meski di daerah tersebut memiliki produksi atau daerah penghasil, namun tidak ada salahnya jika daerah tersebut tetap menjalin kerja sama dengan daerah lainnya.

Ia mengatakan kerja sama antara daerah dalam rangka pemenuhan stok bahan pangan juga bisa dilakukan oleh daerah yang berdekatan dengan kota perhitungan inflasi.

Kerja sama yang dilakukan Pemkot Jambi dengan Kabupaten Sleman sudah berlangsung pada Juni 2023 lalu. Kerja sama bertujuan untuk mengoptimalkan potensi daerah dalam rangka pengendalian inflasi dengan menjamin ketersediaan bahan pangan. Implementasi kerja sama ini melalui pengiriman cabai ke Kota Jambi.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengatakan bahwa Kota Jambi juga akan meningkatkan kerja sama dengan kabupaten dan kota di Provinsi Jambi. Seperti kerja sama dengan Kabupaten Muaro Jambi terkait sektor peternakan.

"Di Muaro Jambi banyak ternak, kita akan jajaki itu," katanya pula.

Selain itu, Pemkot Jambi juga menjajaki kerja sama dengan Kabupaten Kerinci untuk sektor pertanian. Kerja sama antardaerah ini, kata dia perlu dilakukan karena Kota Jambi bukan termasuk daerah penghasil.
Baca juga: Pengendalian Inflasi prioritas Pemkab Tanjabbar Jambi
Baca juga: BPS catat penurunan harga pangan picu deflasi Kota Jambi dan Bungo

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023