Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa melemah pada awal perdagangan Selasa, tertekan oleh penurunan di perusahaan telekomunikasi, sementara saham Swiss melampaui rekan-rekan regional menyusul peningkatan perkiraan oleh pembuat obat Novartis.

STOXX 600 pan-Eropa bertahan stabil di 457,71 poin pada pukul 07.11 GMT.

Indeks telah terpukul pada Senin (17/7/2023) setelah hasil Richemont yang mengecewakan dan data ekonomi yang lemah dari China menghantam sektor barang-barang fesyen mewah Eropa.

Novartis terangkat 2,7 persen pada hari Selasa setelah pembuat obat itu menaikkan panduan pendapatan setahun penuh dan memetakan rencana spin-off divisi obat generik Sandoz untuk awal kuartal keempat.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun setelah data ekonomi China lebih lemah

Langkah tersebut mendorong indeks Pasar Swiss, yang telah memimpin penurunan regional di Eropa pada Senin (17/7/2023), terkerek 0,3 persen.

Membebani STOXX 600 yang lebih luas adalah perusahaan telekomunikasi, merosot 0,9 persen, dengan Tele2 AB anjlok 9,0 persen setelah melaporkan pendapatan kuartalannya.

Sementara itu, saham bank Swedia SEB merosot 1,1 persen sekalipun laba operasi kuartal keduanya mengalahkan estimasi di tengah pendapatan bunga yang lebih tinggi.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah tapi incar minggu terbaik tiga bulan

Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit menguat, data beragam batasi keuntungan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023