Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Jago Tbk mencatat jumlah pengguna aplikasi Bibit yang terhubung dengan Bank Jago hingga Juni 2023 bertumbuh lebih dari 60 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai lebih dari 1 juta pengguna.
 
Pertumbuhan tersebut seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi dan mengelola keuangannya melalui kolaborasi Bank Jago dan Bibit.
 
“Memanfaatkan kekuatan utama Bank Jago, yaitu kolaborasi dengan ekosistem, nasabah dengan mudah mengakses layanan investasi Bibit. Kini, setelah dua tahun melayani bersama, semakin banyak pengguna kedua aplikasi ini merasakan manfaatnya,” ungkap Head of Sustainability & Digital Lending Bank Jago Andy Djiwandono dalam acara Jago x Bibit 2nd Anniversary Talk Show with Media di Jakarta, Selasa.
 
Di sisi lain, ia menyebutkan jumlah pembuatan rekening dana nasabah (RDN) melonjak tiga kali lipat dalam satu tahun terakhir.
 
Bank Jago pun menemukan nasabah dari generasi Z dan milenial memiliki minat yang tinggi dalam berinvestasi melalui aplikasi Jago dan Bibit. Dari total lebih dari 1 juta nasabah, jumlah generasi Z mencapai 53 persen dan milenial mencapai 41 persen.
Umumnya, pengguna aplikasi Jago dan Bibit memiliki tujuan utama dalam berinvestasi yaitu menyiapkan dana pensiun, dana darurat, dan dana untuk pernikahan.
 
Dalam menyimpan dana darurat, Andy mengungkapkan sebanyak 50 persen nasabah di antaranya memilih produk reksa dana yang memiliki opsi pencairan instan (instant redemption) karena dapat membantu pengaturan arus kas lebih fleksibel.
 
Di Bank Jago, nasabah yang terhubung dengan aplikasi Bibit rata-rata memiliki delapan kantong di aplikasi Jago. Kantong-kantong tersebut digunakan untuk mengatur dan membagi-bagi keuangan mereka sesuai kebutuhan dan keinginannya.
 
Pada tahun ini, Bank Jago juga mendukung fitur Bibit Plus yang memungkinkan RDN Bank Jago dapat digunakan tidak hanya untuk investasi reksa dana, tapi juga untuk berinvestasi obligasi negara fixed rate (FR) dan saham di aplikasi Bibit.
 
PR & Corporate Communication Lead Bibit William menyampaikan Bibit didirikan dengan visi bahwa setiap orang berhak atas masa depan keuangan yang lebih baik melalui investasi yang benar di pasar modal.
 
"Kolaborasi dengan Bank Jago lewat beragam fitur inovatif menjadikan investasi kian mudah serta mendukung upaya kami dalam mewujudkan visi tersebut,” ucap William dalam kesempatan yang sama.
Ke depan, Bank Jago dan Bibit akan terus memperdalam kolaborasi yang sudah ada dan menambah semakin banyak fitur unggulan yang inovatif.
 
Kolaborasi keduanya juga tidak lepas dari komitmen dalam melakukan kegiatan edukasi kepada masyarakat luas dan komunitas untuk meningkatkan literasi keuangan agar masyarakat Indonesia semakin melek berinvestasi dan merencanakan masa depan keuangan secara lebih baik.

Baca juga: Bank Jago fokus kembangkan solusi keuangan digital life-centric
Baca juga: Bank Jago luncurkan fitur Jago Amal permudah nasabah berzakat

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023