Jakarta (ANTARA) - PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) menargetkan pendapatan dapat tumbuh 20 persen year on year (yoy) pada tahun- tahun mendatang, setelah perseroan melangsungkan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Juli 2023 ini.

“HUMI memiliki target pertumbuhan pendapatan sebesar 20 persen setiap tahun, dengan strategi peningkatan aset, pendapatan, dan profitabilitas, serta komitmen terhadap lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik,” ujar Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat dalam Public Expose di Jakarta, Selasa.

Tirta menjelaskan perseroan berfokus terhadap empat lini bisnis utama, diantaranya jasa sewa kapal untuk pengangkutan Liquefied Natural Gas (LNG), pengangkutan minyak dan petrokimia, offshore support, marine support.

Selain itu, lanjutnya, perseroan juga mengelola kapal dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM), khususnya awak kapal, serta pusat pelatihan awak kapal.

“HUMI siap menjadi salah satu pemain utama di industri maritim Indonesia yang memiliki potensi besar sejalan dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan sektor energi ke depan,” ujar Tirta.

Anak usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) tersebut berencana segera melangsungkan IPO, dengan melepas sebanyak- banyaknya 2,7 miliar lembar saham.

Perseroan menetapkan harga penawaran awal atau bookbuilding Rp100 sampai Rp150 per lembar saham, sehingga ditargetkan bisa mendapatkan dana segar sebesar Rp270 miliar.

Selama tahun 2022, perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar 91,53 juta dolar Amerika Serikat (AS), atau meningkat 37,45 persen (yoy), dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 66,59 persen (yoy) yang disebabkan oleh peningkatan pendapatan dari sewa kapal sebesar 89,84 dolar AS.

Seiring dengan itu, laba bruto perseroan meningkat 245,82 persen (yoy) menjadi 26,61 dolar AS pada 2022, dari sebelumnya pada 2021 sebesar 7, 69 juta dolar AS, yang disebabkan oleh kenaikan yang terjadi atas perubahan kontrak spot charter menjadi time charter dari salah satu entitas anak dan kenaikan atas pendapatan dari pengangkutan bahan kimia ke pelanggan.


Baca juga: Segera IPO, Humpuss Maritim patok harga awal Rp100- Rp150 per saham
Baca juga: HUMI: Bisnis layanan jasa kemaritiman prospektif

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023