Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama mengajak umat Islam untuk memperkokoh semangat persatuan dan persaudaraan, baik di antara umat Islam maupun antarumat beragama, dalam memaknai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

"Di tahun baru Hijriah yang penuh berkah ini, mari kita tingkatkan kualitas diri sebagai individu, keluarga, dan masyarakat. Kita perkokoh semangat kebangsaan dengan berkontribusi aktif dalam membangun negeri," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Pada 1 Muharram 1445 H, Kemenag menghadirkan tema, 'Spirit 1445 Hijriah: Merawat Kerukunan, Perkokoh Semangat Kebangsaan'.

Tema tersebut, kata Kamaruddin, menggambarkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, serta peran umat dalam membangun semangat kebangsaan yang kuat dan inklusif.

"Islam adalah agama yang menganjurkan dan mengajarkan kasih sayang, persaudaraan, dan keadilan. Dalam perjalanan hidup kita sebagai umat Muslim, penting bagi kita untuk senantiasa merawat kerukunan di antara sesama umat manusia," kata dia.

Baca juga: MUI: Tahun Baru Islam momentum evaluasi diri
Baca juga: Kemenag gelar Gebyar Muharram untuk isi Tahun Baru Islam 1445 H


Menurutnya, kerukunan adalah pilar penting yang memperkuat semangat kebangsaan Indonesia. Dalam keberagaman yang ada di Indonesia, setiap orang diberikan kesempatan untuk hidup bersama dalam harmoni.

"Mari kita jaga kebersamaan, saling menghormati perbedaan, dan menjalin hubungan yang baik dengan seluruh elemen masyarakat. Bangunan kebangsaan yang kokoh lahir dari fondasi persatuan, gotong royong, dan persaudaraan," katanya.

Dalam mengisi Tahun Baru Islam tersebut, Kemenag bakal menggelar berbagai macam kegiatan pada Selasa hingga Kamis (25-27 Juli 2023) di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag.

Kegiatan yang dimaksud di antaranya, santunan anak yatim, pentas seni dan budaya Islam, kaligrafi, dialog kepepemudaan, hingga launching Kampung Moderasi Beragama (KMB).

 Baca juga: Sambut Tahun Baru Islam, warga Bone diserukan khatam 30 juz Al Quran
Baca juga: Pemkab Sumenep sambut Tahun Baru Islam dengan khataman Al Quran
Baca juga: Ribuan warga di Ambon melakukan Pawai Akbar sambut tahun baru Islam

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023