Solo (ANTARA News) - Harga bawang putih yang sempat melambung sampai mencapai Rp60 ribu per kilogram di pasaran Solo dan sekitarnya pada Rabu (20/3) turun drastis menjadi Rp37 ribu per kilogram.

Bawang merah yang harganya juga sempat melejit jadi Rp50 ribu per kilogram sekarang pun menurun menjadi Rp35 ribu per kilogram, kata beberapa pedagang bawang putih dan bawang merah di pasar pusat hasil bumi Pasar Legi Solo, Rabu.

"Ya bersamaan menurunnya harga bawang putih dan bawang merah pasokan barang tiba-tiba melimpah dan berdatangan di pasar. Jadi barang tersebut sekarang sudah tersedia banyak dibandingkan hari-hari kemarin," kata Sri salah satu pedagang bawang merah dan bawang putih di Pasar Legi Solo.

Ia mengatakan pada Selasa (19/3) pagi, harga bawang baik merah maupun putih memang masih tinggi. Dia menjual bawang putih Rp57 ribu per kilogram dan bawang merah Rp47 ribu per kilogram ke pedagang pasar.

"Ya tetapi bawang merah pada petang harinya sudah turun menjadi Rp33 ribu per kilogram, sedang bawang putih pada sore harinya turut turun menjadi Rp35 ribu per kilogram," katanya.

Penurunan harga bawang dalam waktu cepat itu sempat membuat kelabakan para pedagang yang masih punya banyak stok bawang.

"Karena saya kemarin masih punya bawang merah lumayan, bawang putih juga, ini jelas rugi," keluh Darni, pedagang sayur di Pasar Sidodadi Solo.

Sekarang ia hanya bisa menjual bawang putih yang dibeli dengan harga Rp33 ribu per kilogram seharga Rp37 ribu per kilogram dan bawang merah yang dibeli Rp35 ribu per kilogram seharga Rp35 ribu per kilogram.




Pewarta: Joko Widodo
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013