Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Barat (KPU Jakbar) akhirnya bisa mengatasi kendala berupa ketiadaan tempat penyimpanan logistik pemilu di tiga kecamatan daerah itu yakni Kembangan, Palmerah dan Kalideres.

"Sebelumnya tidak ada penyimpanan logistik di tiga kecamatan yakni Kembangan,  Palmerah dan Kalideres. Kini, sudah ada solusinya" kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat, Endang Istianti saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, solusinya adalah untuk Kecamatan Kembangan, tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024 di ruang serba guna Perumahan Permata Buana, depan Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

"Di situ (Perumahan Permata Buana) ada fasilitas yang bisa kita gunakan. Kita sudah bersurat resmi dan berkoordinasi dengan Wali Kota (Jakarta Barat) dan sebagainya. Nanti, kita akan di situ," ungkap Istianti.

Baca juga: KPU Jaktim minta tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024

Untuk Kecamatan Kembangan, lanjut Istianti, ruang serba guna tersebut akan digunakan tak hanya logistik pemilu, tetapi juga rekapitulasi suara sekaligus sebagai tempat gudang kotak suara setelah proses pemilu selesai.

"Nanti setelah proses (pemilu 2024) butuh (tempat) menyimpan kotak suaranya. Dalam hal ini untuk tingkat kota maksudnya," ungkap Istianti.

Lebih lanjut, untuk Kecamatan Palmerah, pihaknya berencana menggunakan gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pajak Jakarta Barat di Jalan Sakti Raya No.1, RT.7/RW.9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

"Untuk Kecamatan Palmerah, kita sedang berproses untuk gedung Pusdiklat Pajak di dekat Tugu Kemanggisan," katanya.

Baca juga: Polres Jakbar gelar dialog kamtibmas sambut Pemilu 2024

Ia menyebut, pihaknya juga sudah bersurat ke mereka dan nantinya akan dipinjamkan satu aset berupa gedung cukup luas dan ada juga tempat parkir luas.

"Kita lagi bersurat ke Pusdiklat Pajak Provinsi (DKI), nantinya mereka berkoordinasi dengan Pusdiklat Pajak Jakarta Barat," katanya.

Yang terakhir, jelas Istianti, untuk Kecamatan Kalideres, pihaknya akan menempatkan logistik Pemilu 2024 di milik pemda yang sering digunakan masyarakat untuk olahraga bulutangkis di RW 15, Kecamatan Kalideres.

Namun, katanya, masih ada sedikit kendala karena yang diperlukan 350 meter persegi, tetapi kondisi yang ada hanya 300 meter persegi.

Baca juga: Polisi rangkul 13 ormas Jakarta Selatan untuk Pemilu 2024

Ia menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi DKI Jakarta terkait penambahan ruang.

"Kita sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi (DKI) soal bentuk penambahan ruangnya nanti seperti apa," jelas Istianti.

Sebelumnya, Ketua KPU Jakarta Barat periode sebelum Istianti, Cucum Sumardi mengatakan, masih ada tiga kecamatan yang belum memiliki GOR atau tempat penyimpanan logistik pemilu, yakni Kecamatan Kalideres, Kecamatan Kembangan dan Kecamatan Palmerah.

"Soal itu masih dikomunikasikan dengan pemerintah daerah (DKI) atau pemerintah kecamatan terkait. Kalau GOR beberapa kecamatan belum siap, apa langkah selanjutnya," ungkap Cucum pada Jumat (19/5).

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023