London (ANTARA News) - Penyerang Rickie Lambert yang merupakan pencetak gol terbanyak Liga Inggris bagi pemain lokal dengan 13 gol memperpanjang kontraknya bersama Southampton dua tahun hingga 2016 pada Kamis (21/3) waktu setempat.

Pemain berusia 31 tahun tersebut memang lebih banyak menghabiskan karirnya pada liga-liga papan bawah di Inggris dan bergabung dengan Southampton pada 2009 serta telah mengemas 100 gol bagi klub wilayah selatan tersebut.

Ia juga berhasil membantu timnya meraih promosi ke Liga Utama Inggris setelah Southampton terdegradasi pada akhir musim 2008-2009.

"Rickie Lambert merupakan pemain spesial bagi Southampton. Mencetak 100 gol merupakan pencapaian yang luar biasa dan buah atas dedikasi serta kerja keras yang ia miliki," kata pelatih Southampton Mauricio Pochettino dalam situs resmi klub (www.saints-fc.co.uk).

Southampton yang kembali ke Liga Utama Inggris setelah absen selama tujuh tahun saat ini berada di peringkat 16 dengan perolehan 31 poin dan terpaut empat angka dari zona degradasi dan memiliki delapan pertandingan tersisa.

"Selama masa kepelatihanku di sini, saya kagum dengan mentalitas dan komitmen yang ia miliki untuk meningkatkan kemampuannya dalam latihan sebagai jalan masuk untuk mudah beradaptasi ke Liga Inggris," ujar Pochettino seperti dilaporkan Reuters.

"Saya sangat senang Rickie telah menetapkan komitmen baru bersama klub... dan saya yakin ia akan mampu membawa Southampton ke level yang lebih tinggi," kata dia menambahkan.

Daftar pencetak gol sementara menujukkan penyerang Liverpool asal Uruguay Luis Suarez memimpin dengan 22 gol, diikuti pemain Manchester United asal Belanda Robin van Persie dengan 19 gol, Gareth Bale 16 gol (Tottenham Hotspurs, Wales) dan Demba Ba (Chelsea, Senegal) serta Michu (Swansea, Spanyol) sama-sama mengemas 15 gol.

Penerjemah: Gilang Galiartha 

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013