Surabaya (ANTARA News) - Pemain tunggal putri Indonesia Linda Wenifanetri harus bersusah payah untuk mengalahkan andalan Singapura Xing Aiying, setelah dipaksa bermain rubber game  21-17, 19-21, 21-18 dalam laga penyisihan Piala Axiata 2013 di DBL Arena Surabaya, Jumat.

Aiying (23), tunggal putri utama Singapura memainkan taktik reli-reli panjang dengan bola-bola atas yang cukup menguras tenaga Linda.

Mereka membuka pertandingan dengan permainan cepat. Aiying, yang baru saja kalah dari Carolina Marin (All Star Eropa), Kamis (21/3), bekerja keras agar tidak kalah untuk kedua kalinya.

Pengembalian tidak sempurna Linda di awal game pertama, membuat skor imbang 5-5 dan terus melaju hingga 8-8.

Linda, pemain yang sejak 2009 berlaga di berbagai kejuaraan internasional, mulai memperlebar selisih poin ketika smes kerasnya ke sisi kanan daerah Aiying tidak dapat terjangkau sehingga kedudukan 12-8. Linda (23), berhasil menguasai permainan dan mematikan permainan bola-bola atas dari Aiying. Pukulan net Linda yang tidak dapat dikembalikan oleh Aiying menutup game pertama 21-17.

Pemain keturunan China ini, Aiying, mampu berbalik untuk merebut game kedua. Ia memaksa Linda bermain rubber game ketika pukulan netnya tidak dapat dikembalikan dengan baik, 19-21.

Game penentuan diawali permainan ketat. Aiying sempat melancarkan protes terhadap wasit yang menyatakan smes Linda masuk untuk meraih poin 8-12. Protes yang tidak diindahkan itu, tidak membuat Aiying putus asa. Dia berjibaku mengamankan pengembalian bola rendah dari Linda.

Namun, lompatan Linda untuk melancarakan smes keras ke bidang kanan Aiying, membuat selisih skor kembali tipis 15-16. Tidak beberapa lama kemduian, Aiying lengah dan pengembaliannya hanya jatuh di bidang sendiri. Skor menjadi imbang 17-17.

Riuh ratusan penonton yang memadati DBL Arena, mengiringi pukulan keras Linda ke kiri pertahanan Aiying. Bermain dengan reli-reli panjang, di akhir set, Linda jeli dalam mengembalikan bola ke depan net.

Aiying yang tidak cermat, malah melesatkan bola pelan ke atas. Tak perlu sekuat tenaga, Linda melakukan smes ke tengah lapangan, yang hanya dapat ditatap dengan nelangsa oleh Aiying. Linda menutup pertandingan di set ketiga 21-18 dan membawa Indonesia unggul sementara 1-0 atas Singapura.

Selanjutnya akan bermain, tunggal putra Tommy Sugiarto melawan Chen Ashton, Ganda putra M. Rijal-Debby Susanto melawan Liu Yi-Yao Lei, ganda putra Angga Pratama, Ryan Saputro melawan Danny Bawa Chrisananta-Yeo Zhao.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013