New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), di tengah optimisme bahwa Siprus akan mencapai kesepakatan dana talangan pada menit terakhir dan pertumbuhan ekonomi AS meningkat.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, ditutup pada 93,71 dolar AS per barel, sebuah kenaikan 1,26 dolar AS dari penutupan Kamis, lapor AFP.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei, naik 19 sen menjadi menetap pada 107,66 dolar AS per barel di London.

Pasar minyak New York bergerak lebih tinggi bersama dengan pasar saham karena para investor terus memantau rangkaian krisis Siprus, ketika negara itu berpacu untuk meraih sebuah kesepakatan penyelamatan Uni Eropa-IMF pada Senin (25/3) guna mempertahankan sistem perbankannya dari keruntuhan.

"Kami cukup optimis bahwa kesepakatan akan dapat dilakukan selama akhir pekan," kata Phil Flynn dari Price Futures Group.

Analis GFT Markets Fawad Razaqzada mengatakan bahwa harga minyak "melompat karena laporan bahwa Siprus mungkin mencapai kesepakatan dalam beberapa jam terakhir, sementara berita bahwa Yunani telah sepakat untuk mengambil alih unit-unit bank Siprus juga membantu alasan tersebut."

Meskipun tidak ada data ekonomi bagi AS, para pedagang optimis tentang prospek pertumbuhan setelah indikator-indikator umumnya positif dan kenaikan di Wall Street.

"Pasar tampaknya menunjukkan bahwa perekonomian di AS membaik," kata Flynn. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013