Surabaya (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto membuat pemain Malaysia peringkat 16 dunia Cong Wei Feng tak berkutik dengan kemenangan dua game langsung 21-16, 21-11 pada penyisihan Piala Axiata 2013 di Surabaya, Sabtu.

Pada awal game pertama, Tommy yang berada dua peringkat di bawah Wei Fenga, tak mau buang-buang kesempatan dengan langsung melancarkan smes-smes keras, dan Wei Feng, perempatfinalis Swiss Terbuka 2013, harus berjibaku mengembalikan bola.

Smes keras Tommy gagal dikembalikan terukur oleh Wei Feng, kedudukan  12-7. Taktik Tommy untuk menutup reli-reli Wei Feng dengan pukulan rendah melebar, membuat Wei Feng tak bisa all out. Tommy pun menutup game pertama 21-16.

Di game kedua Wei Feng berusaha bangkit. Smes pemain yang lebih tua satu tahun dari Tommy ini membuat skor imbang 5-5. 

Namun setelah beberapa kali pengembaliannya keluar atau membentur net, Tommy kembali melenggang dengan 15-8.

Wei Feng mencoba mengurangi reli-reli panjang. Sayang, pukulan netmua membentur net dan membuat Tommy di atas angin dengan 18-10. 

Akhirnya, smes Tommy mengakhiri perlawan Wei Feng setelah bola pengembalian Wei jatuh di luar garis lapangan. Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 2-0 setelah pada tunggal putri, Bellaetrix Manuputy, membawa Indonesia unggul 1-0 usai mengalahkan Tee Jing Yi 21-10,21-18.

Ganda campuran M. Rijal-Debby Susanto kini sedang bertanding melawan Chan Peng Soon-Goh Liu Ying.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013