Denver, Colorado (ANTARA News) - Amerika Serikat sukses melawan hambatan salju di lapangan untuk memaksakan kemenangan 1-0 atas Costa Rica dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Concacaf.

Bertanding di lapangan sendiri yang tak bersahabat akibat tutupan salju, Clint Dempsey menjaringkan bola ke gawang Costa Rica pada menit 16.

Gol itu sudah cukup membuktikan AS bisa mewujudkan instruksi harus menang dari pelatih Jurgen Klinsmann, setelah bulan lalu ambruk 1-2 dari Honduras pada laga perdana kualifikasi zona Amerika Utara dan Tengah itu.

Tiga poin ini mengatrol AS ke posisi kedua di bawah Honduras yang imbang 2-2 melawan Mexico pada hari yang sama. Sementara Panama juga bermain seri dengan Jamaika 1-1.

Gol Dempsey yang memanfaatkan bola yang membentur pemain Costa Rica Jozy Altidore yang berusaha menahan tembakan Roy Miller ini adalah gol keduabelas dia pada kualifikasi Piala Dunia, menyamai rekor Landon Donovan selama kualifikasi Piala Dunia untuk AS.

Atmosfer pertandingan berbeda terjadi di San Pedro Sula di mana dua gol dari Carlo Costly dan  Jerry Bengtson menyelamatkan Honduras dari kekalahan kala melawan Mexico.

Sundulan Costly pada menit 77 dan Bengtson pada menit 80 telah memupus keunggulan 2-0 Mexico sepanjang babak pertama dan separuh babak kedua, menyusul dua gol Javier Hernandez pada menit 28 dan 54.

Sementara itu gol Luis Henriquez pada menit 65 di Kingston menyelamatkan muka Panama setelah sebelumnya pada menit 22 tuan rumah Jamaika unggul lewat gol Marvin Elliott.

Tiga teratas dari zona ini berhak mengantongi tiket Piala Dunia 2014, sedangkan tim keempat teratas harus melewati play-off terlebih dahulu melawan pemuncak zona Oseania, Selandia Baru, sebelum bisa sampai di Brazil, demikian AFP.  

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013