Makassar (ANTARA) - Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin dan International Centre for Research in Agroforestry (ICRAF) Indonesia membahas potensi kerja sama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Terima kasih atas kedatangan Tim ICRAF Indonesia dalam rangka audiensi potensi kerjasama program MBKM. Saya berharap program dari ICRAF Indonesia bisa disinergikan dan dikolaborasikan dengan Fakultas Kehutanan Unhas," kata Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Dr A. Mujetahid M SHut MP IPU melalui keterangannya di Makassar, Senin.

Lebih lanjut A. Mujetahid mengatakan kerjasama yang berpotensi untuk dijalin tidak hanya terkait MBKM saja, namun bisa melibatkan juga dosen Fakultas Kehutanan Unhas yang memiliki kompetensi untuk berkontribusi dalam program ICRAF Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Program Land4Lives Sulawesi Selatan ICRAF Indonesia menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya bersama tim ke Fakultas Kehutanan Unhas adalah untuk membahas potensi kerjasama program MBKM.

Baca juga: FIB Unhas dan Konjen Australia gelar kuliah umum sejarah Makassar

Baca juga: Unhas-Pemprov Papua Barat Daya kerja sama penguatan SDM


"Sehubungan dengan adanya kerjasama antara ICRAF dan Global Affairs Canada (GAC) terkait kegiatan Sustainable Landscape for Climate-Resilient Livelihood in Indonesia (Land4Lives), sehingga kami membutuhkan kerjasama dengan Fakultas Kehutanan dalam membantu pelaksanaan kegiatan ini melalui kerjasama program MBKM," kata Muhammad Syahrir.

Land4Lives bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dan komunitas rentan, khususnya kaum perempuan dan anak-anak perempuan dalam meningkatkan kualitas penghidupan dan ketahanan pangan, sekaligus meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

"Saya berharap melalui pertemuan ini ada beberapa program Land4Lives yang bisa dikolaborasikan dan dikerjasamakan dengan Fakultas Kehutanan Unhas melalui program MBKM terkhusus pendampingan bebas iklim, pendampingan masyarakat dan agroforestry," tutur Muhammad Syahrir.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan presentasi materi terkait program atau paket kerja Land4lives yang disampaikan langsung oleh Rizki Ary F bahwa salah satu paket kerja program Land4Lives yaitu meningkatkan mata pencaharian dan ketahanan pangan yang tahan iklim bagi masyarakat rentan terutama perempuan.

Beberapa outcome paket kerja program Land4Lives yaitu meningkatkan mata pencaharian dan ketahanan pangan yang tahan iklim bagi masyarakat rentan terutama perempuan yaitu, akses pembiayaan/pendanaan inovatif, peningkatan pengetahuan dan kapasitas petani tentang pertanian cerdas iklim dan peningkatan dan pengetahuan akses ke sumber pangan lokal sehat dan perbaikan gizi anggota rumah tangga.*

Baca juga: Unhas-Universitas Islam Al-Azhar kerja sama pengembangan Tridharma PT

Baca juga: Unhas-Murdoch University Australia kerja sama riset teknik kelautan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2023