Banjarmasin (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) menetapkan dua anggota Bawaslu Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2023-2028 setelah melewati tahapan akhir uji kelayakan dan kepatutan.

"Dua orang terpilih Des Rizal Rachman Rofiat Darodjat dan Thessa Aji Budiono," kata Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel Teuku Dahsya Kusuma Putra di Banjarmasin, Selasa.

Dahsya menyebut untuk pelantikan keduanya di Jakarta dijadwalkan pada Rabu (26/7) bersamaan dengan pelantikan anggota Bawaslu provinsi lainnya.

Dua anggota Bawaslu Kalsel terpilih ini menggantikan Azhar Ridhanie dan Noor Kholis Majid yang telah berakhir masa jabatannya Selasa hari ini.

Des Rizal dan Thessa melengkapi formasi lima anggota Bawaslu Kalsel yang sebelumnya telah diisi Aries Mardiono, Akhmad Mukhlis dan Muhammad Radini untuk masa jabatan 2022 hingga 2027.

Nantinya kelima anggota Bawaslu Kalsel langsung menentukan siapa ditunjuk sebagai ketua yang sebelumnya dipegang Azhar Ridhanie.

Sebelumnya dalam tahap seleksi terjaring empat orang yang dikirim Tim seleksi (Timsel) ke Bawaslu RI untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Jakarta.

Adapun dua orang yang tersisih yaitu Mailinasari dan Muhammad Syahrial Fitri.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023