Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris melemah pada awal perdagangan Rabu, dengan sektor pertambangan memimpin penurunan setelah penambang global Rio Tinto melaporkan penurunan laba semester pertama, sementara saham NatWest tergelincir setelah CEO bank itu mengundurkan diri.

Pada pukul 07.06 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri menyusut 0,1 persen, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi menengah atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri diperdagangkan datar.

NatWest Group merosot 2,2 persen setelah CEO Alison Rose mengundurkan diri dengan segera setelah mengakui "kesalahan penilaian yang serius" dalam membahas hubungan mantan pemimpin partai Brexit Nigel Farage dengan bank dengan seorang jurnalis BBC.

Industri penambang logam tergelincir 1,9 persen karena saham Rio Tinto yang tercatat di bursa London kehilangan 2,1 persen setelah perusahaan melaporkan penurunan hampir 34 persen pada laba dasar semester pertama dan memangkas dividen interimnya.

Sementara itu, Rolls-Royce melambung 15,2 persen setelah perusahaan teknik kedirgantaraan itu menaikkan perkiraan laba operasi setahun penuh.

Aston Martin Lagonda Global Holdings juga melonjak 4,7 persen setelah perusahaan pembuat mobil mewah itu mempertahankan perkiraan 2023 tidak berubah dan melaporkan kerugian sebelum pajak yang lebih kecil untuk kuartal kedua.

Baca juga: Saham Asia tergelincir, pasar tunggu putusan Fed, perhatikan China
Baca juga: IHSG berpeluang lanjutkan penguatan seiring BI tahan suku bunga
Baca juga: Wall St naik ditopang pendapatan teknologi besar, jelang keputusan Fed

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023