Jakarta (ANTARA) - Dua seniman peran Indonesia yaitu Laura Basuki dan Chicco Kurniawan berharap dapat memberikan kepercayaan lebih besar terhadap khalayak penikmat film Tanah Air sesuai peran baru yang mereka emban sebagai Duta Festival Film Indonesia (FFI) 2023 untuk memajukan industri perfilman lokal.

"Aku sebagai Duta punya misi sendiri, rasanya ingin bikin banyak orang percaya sama film Indonesia karena banyak banget kultur tentang Indonesia yang aku sendiri bahkan nggak tahu dan sangat menarik untuk ditonton," jelas Chicco kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Chicco lantas mengungkapkan bahwa saat ini banyak sekali ladang bisnis industri film lokal yang dapat digarap sehingga menghadirkan karya-karya berkualitas yang sayang untuk dilewatkan.

"Banyak banget film yang diproduksi tahun ini. Rasanya sayang kalau nggak ditonton, sementara kita semua sudah mau memajukan dan meningkatkan kualitas perfilman Indonesia. Jadi, coba ditonton dulu, ya," ajak aktor kelahiran 16 Mei 1994 tersebut.

Baca juga: Kekaguman Chicco Kurniawan terhadap Coelho dan Eka Kurniawan

Senada dengan Chicco, aktris Laura Basuki menilai bahwa selama satu dekade terakhir bermunculan banyak sekali sutradara baru yang hebat dengan ide-ide cemerlang. Sebelum pandemi, dirinya mencermati bahwa genre film-film lokal masih kurang bervariasi alias begitu-begitu saja.

"Setelah pandemi, banyak skrip yang bagus banget terutama tiga tahun belakangan ini. Jadi, aku melihat hal ini sangat menjanjikan untuk dunia film kita ke depan," terangnya.
 
Dua seniman peran Indonesia yaitu Laura Basuki dan Chicco Kurniawan saat mengunjungi Kantor Berita ANTARA di Jakarta, Rabu (26/7). (ANTARA/Ahmad Faishal)


Selain Laura dan Chicco, tiga nama lain yang ditunjuk oleh Komite FFI sebagai Duta FFI 2023 adalah seniman peran Christine Hakim, Putri Marino, dan Lukman Sardi. Kelima nama tersebut 'diikat' dalam sebuah tema yaitu CITRA sesuai dengan torehan Piala Citra yang telah mereka catatkan dalam industri layar lebar Tanah Air.

Lebih lanjut, baik Laura maupun Chicco kemudian berkisah seputar awal penunjukan diri mereka sebagai Duta FFI 2023 yang melibatkan Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) periode 2021-2023 yaitu aktor Reza Rahadian.

Awalnya, Laura merasa bingung merepresentasikan sebuah hal yang besar seperti FFI kepada khalayak. Apalagi, ia mengaku sebagai sosok yang tidak terlalu suka berada di depan layar untuk menjelaskan informasi mendetail tentang sesuatu hal.

"Beda dengan film ya karena film kan aku menjadi seseorang yang lain, sedangkan menjadi Duta FFI kan aku harus merepresentasikan satu hal yang besar. Jadi, ketika dihubungi Reza, aku bilang cari kandidat lain saja, masih banyak yang lebih oke. Tetapi Reza lalu bilang, 'Ini tahun terakhir aku.' Maka, aku langsung jawab, 'oke siap!'" kata aktris yang meraih Piala Citra lewat film "Susi Susanti: Love All" dan "3 Hati, Dua Dunia, Satu Cinta" itu seraya tertawa.

Sama seperti Laura, aktor Chicco Kurniawan yang meraih Piala Citra 2021 untuk Pemeran Utama Pria Terbaik lewat peran sebagai Amin di film "Penyalin Cahaya", juga merasa ingin membantu dan menutup periode tahun kepemimpinan Reza Rahadian dengan baik ketika dirinya dihubungi via telepon untuk menjadi Duta FFI 2023.

"Waktu ditelpon, aku bilang, 'Kak, tapi maaf, mulutku kadang tidak berpendidikan, gimana misalnya di publik nanti?' Karena ini Citra, jadi yang ditampilkan nanti ya diri sendiri saja, sebagai aktor punya pandangan apa terhadap FFI. Aku bilang ya sudah, nanti aku PR Training dulu deh, ya," seloroh Chicco sambil tertawa.

Baca juga: Laura Basuki menikmati baca buku bertema psikologi serta fiksi fantasi

Baca juga: "Cek Toko Sebelah 2" kumpulkan 220 ribu lebih penonton di hari keempat

Baca juga: Shenina Cinnamon dan Chicco Kurniawan reuni di "Cross The Line"

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023