Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menilai peningkatan kualitas transportasi harus ikut diperhatikan guna menunjang posisi ekonomi Indonesia pada 2045.

"Kita membayangkan pada 2045, ekonomi Indonesia itu akan masuk dalam 4 atau 3 besar dunia, kualitas hidup masyarakat akan meningkat. Kualitas transportasi harus meningkat, sehingga program-program pembangunan infrastruktur ke depan harus seirama dengan itu," kata Didiek dalam Conference on National Strategic Projects (PSN) yang digelar di Jakarta, Rabu.

Yang dimaksud transportasi berkualitas yakni transportasi yang efisien, menggunakan energi berkelanjutan, ramah lingkungan serta terkoneksi dengan moda transportasi lainnya.

Dalam hal itu, Didiek menyampaikan bahwa KAI saat ini terus mengembangkan fasilitas perkeretaapian Indonesia.

Hal itu juga mempertimbangkan kereta api sebagai salah satu moda transportasi massal yang banyak digunakan masyarakat, serta kualitasnya menjadi cerminan dari negara-negara maju.

Ia memberikan contoh negara-negara maju di Eropa, kemudian Amerika Serikat, serta China yang mana kemajuan ekonominya dapat tercermin dari kualitas transportasi kereta apinya.

Lebih lanjut, Didiek juga menyampaikan bahwa jumlah penumpang kereta api masih tergolong masif setiap tahunnya.

"KA dalam situasi normal tahun 2019, satu tahun kita mengangkut 429 juta penumpang. Tahun 2020 pada saat pandemi turun sekitar 160 juta, kemudian tahun berikutnya sudah naik lagi menjadi 185 juta dan sekarang sudah mendekati 300 juta," ujarnya.

Oleh karena itu, Didiek menyarankan agar pemerintah untuk terus menyempurnakan sektor infrastruktur sebagai penunjang dari kualitas transportasi Indonesia.

Adapun saat ini KAI tengah mempersiapkan Light Rail Transit (LRT) yang rencananya akan diresmikan pada 18 Agustus 2023. Saat ini, pembangunan LRT telah mencapai 90,04 persen.

KAI merencanakan 434 perjalanan LRT per hari untuk tahun pertama pengoperasian. Total 434 perjalanan LRT per hari itu akan dibagi dua untuk jalur Dukuh Atas-Cibubur dan Dukuh Atas-Jatimulya.

Baca juga: KAI terus persiapkan operasional LRT Jabodebek sebaik mungkin
Baca juga: Dirut: KAI akan terus berinovasi meskipun masih pandemi
Baca juga: Masa pandemi, Dirut KAI minta anak usaha berinovasi dan kreatif

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023