Moskow (ANTARA) - Rubel melemah menjadi 91 terhadap dolar AS pada awal perdagangan Jumat, karena periode pembayaran pajak yang menguntungkan hampir berakhir, dengan mata uang Rusia tidak dapat menambah keuntungan signifikan dari harga minyak yang lebih tinggi.

Pada pukul 07.45 GMT, rubel melemah 0,4 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 90,98 dan telah naik 0,2 persen menjadi diperdagangkan pada 99,77 versus euro. Mata uang Rusia telah turun 0,3 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan di 12,69.

Rubel telah melemah tahun ini karena ekspor turun dan impor pulih. Rubel mencapai level terendah lebih dari 15 bulan pada awal Juli karena tekanan meningkat tajam menyusul pemberontakan bersenjata yang gagal oleh kelompok tentara bayaran Wagner pada akhir Juni.

Kenaikan suku bunga 100 basis poin yang lebih besar dari perkiraan minggu lalu oleh Bank Sentral Rusia menjadi 8,5 persen telah membatasi dampak langsung pada mata uang, tetapi suku bunga yang lebih tinggi akan memberikan dukungan terhadap rubel karena membuat investasi dalam aset-aset Rusia lebih menarik.

Dukungan dari pajak yang jatuh tempo pada Jumat, di mana para eksportir biasanya mengkonversi pendapatan mata uang asing untuk memenuhi kewajiban lokal, akan berkurang.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, diperdagangkan stabil di 84,26 dolar AS per barel. Brent mencapai level tertinggi lebih dari tiga bulan di sesi sebelumnya.

Indeks saham Rusia lebih rendah. Indeks RTS berdenominasi dolar turun 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 1.032,8 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel diperdagangkan 0,2 persen lebih rendah pada 2.982,2 poin.

Baca juga: Yen menguat luas setelah BoJ guncang pasar dengan perubahan kebijakan
Baca juga: Yuan tergelincir 73 basis poin menjadi 7,1338 terhadap dolar AS
Baca juga: Dolar AS menguat didukung data PDB yang lebih kuat

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023