Mexico Cit (ANTARA News) - Sepekan silam, pertanyaan-pertanyaan serius mengemuka seputar apakah Juergen Klinsmann merupakan sosok yang tepat untuk memimpin AS ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Brazil.

Namun setelah meraih kemenangan 1-0 atas Kosta Rika pada Jumat di Denver yang bersalju, di mana pada Selasa AS meraih hasil imbang kedua di Stadion Azteca Meksiko pada kualifikasi, Klinsmann ditanyai oleh pihak-pihak yang meragukannya.

"Kami berada di jalur yang benar di sini," kata pelatih timnas AS itu dikutip Reuters setelah hasil imbang 0-0 pada Selasa.

Hasil imbang tanpa gol dengan Meksiko hanya mengubah sedikit hal pada posisi-posisi di grup kualifikasi CONCACAF, namun itu adalah hasil yang signifikan bagi tim yang diperlemah dengan banyaknya pemain cedera.

"Kami memiliki begitu banyak tantangan pada sepuluh hari terakhir perihal cedera-cedera, mengenai pemain-pemain yang tidak dapat dimainkan," kata Klinsmann.

"Setelah pertandingan melawan Kosta Rika mereka benar-benar kelelahan akibat bermain dalam situasi bersalju. Kemudian kami memiliki dua pemain lain yang keluar (yakni Jermaine Jones dan Clarence Goodson)."

"Maka grup ini telah memperlihatkan bahwa mereka siap untuk tantangan-tantangan itu, dan mereka layak mendapat pujian."

Untuk dua pertandingan kualifikasi pada Maret Klinsmann tidak dapat memainkan kiper pilihan pertama Tim Howard, sejumlah bek Steve Cherundolo, Fabian Johnson, dan Timmy Chandler, dua gelandang Jose

Torres dan Danny Williams, akibat semua pemain itu mengalami cedera.

Pelatih asal Jerman itu juga tidak dapat memanggil Landon Donovan, pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi AS yang baru kembali ke klub sepak bola setelah sempat beristirahat dan kaptennya Carlos Bocanegra yang ditepikan karena minimnya kesempatan bermain di level klub.

Mengenai absennya sejumlah pemain kunci, Klinsmann dan timnya harus mengatasi artikel-artikel negatif yang mengutip sumber-sumber anonim, di mana disebutkan sejumlah anggota tim mengekspresikan rasa kurang percaya terhadap mantan pelatih timnas Jerman itu.

(H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013