Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengenalkan sejumlah produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah pada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jateng Expo 2023 yang dilaksanakan 28-30 Juli 2023 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat strategis untuk mengenalkan sekaligus memasarkan batik, craft, kuliner dan produk unggulan lain daerah itu.

"Masyarakat luar Jawa seperti di Banjarmasin dapat melihat produk-produk daerah ini sekaligus mencicipi makanan khas tanpa harus jauh-jauh datang ke Kota Pekalongan," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan sarankan petambak budidaya ikan dengan jaring tancap

Ia berharap potensi unggulan yang dipamerkan pada Dekranasda Jateng Expo 2023 ini dapat menjadi daya tarik masyarakat Banjarmasin berkunjung ke lokasi itu.

"Kami berharap Dekranasda Jateng Expo terus meningkat dikunjungi masyarakat setempat untuk melihat secara dekat produk unggulan daerah dan menjadi daya tarik sendiri bagi warga di Banjarmasin," katanya.

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan Inggit Soraya mengatakan pihaknya membuka 4 stan yakni 2 stan batik, 1 craft dan 1 kuliner.

"Nanti akan disajikan kuliner tauto dan megono, gemblong komplit untuk tamu undangan. Kemudian pada hari kedua akan disiapkan lopis dan menggelar tarian khas Kota Pekalongan," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan sebut 3 investor tanamkan investasi Rp75 miliar

Baca juga: Dekopinda Pekalongan gelar pasar murah peringati Hari Koperasi 2023

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023