Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) merupakan penjaga muruah bangsa Indonesia.

"Kehadiran TNI AU merupakan salah satu amanat bangsa dalam menjaga muruah bangsa, dan meminta agar TNI AU berkomitmen penuh untuk selalu mengabdi kepada bangsa dan negara," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo,​​​​​​ dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Bamsoet mengemukakan hal itu terkait dengan peringatan Hari Bakti Ke-76 TNI AU yang diperingati setiap 29 Juli. Hari Bakti TNI AU 2023 dengan semangat jiwa patriot Hari Bakti 29 Juli 1947, TNI AU bertekad untuk makin profesional, modern, dan tangguh sebagai angkatan udara yang disegani di kawasan.

"Selamat memperingati Hari Bakti TNI AU, semoga seluruh TNI AU dapat makin berjaya, juga terus menjaga pertahanan negara Indonesia melalui jalur udara," katanya.

Bamsoet juga meminta agar seluruh jajaran TNI AU dapat menjadikan momentum itu untuk terus menambah semangat dalam menjaga pertahanan bangsa, meningkatkan dedikasi, dan pengabdian pada tanah air, serta menjadikan tokoh-tokoh berjasa dalam TNI AU pada masa lalu sebagai teladan dan contoh yang baik dalam melaksanakan tugas.

"MPR berharap agar TNI AU tetap berpegang teguh pada prinsip dan jati diri TNI sebagai garda depan dalam mengawal kedaulatan bangsa dan negara Indonesia," pesannya.

Bamsoet juga meminta Pemerintah bersama TNI AU untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai bagi TNI AU agar dapat bekerja secara maksimal dalam menjaga pertahanan bangsa di jalur udara.

"Kami meminta TNI AU untuk melakukan inovasi-inovasi yang dapat terus mendukung kinerja. MPR meminta Pemerintah dan TNI AU memastikan ketersediaan anggaran yang memadai guna menunjang inovasi itu," katanya.

Baca juga: Jet tempur Rafale RI bakal miliki spesifikasi seperti AU Prancis
Baca juga: AU Prancis singgah di Jakarta usai lakukan Misi Pegase 2023

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023