Jakarta (ANTARA News) - Ponsel-ponsel bersistem operasi Windows Phone mampu mengalahkan penjualan iPhone Apple di tujuh negara pada kuartal keempat 2012.

Corporate Vice President of Corporate Communications Microsoft, Frank X. Shaw mengklaim pangsa pasar ponsel Windows Phone mencapai 10 persen di sejumlah negara.

"Berdasarkan laporan terakhir IDC, (Windows Phone) telah dikapalkan lebih banyak dibanding BlackBerry di 26 pasar dan tujuh pasar dibanding iPhone," kata Shaw dalam situs TechNet seperti dikutip New York Times.

Analis IDC, Kevin Restivo, mengatakan negara-negara pasar di mana ponsel Windows Phone mengalahkan penjualan iPhone Apple adalah Argentina, India, Polandia, Afrika Selatan, dan Ukraina.

Sementara, satu "negara" yang juga termasuk pasar utama Windows Phone yaitu negara-negara kecil termasuk Kroasia yang dikategorikan IDC sebagai sisa Eropa Tengah dan Timur.

Di Ukraina, Afrika Selatan, dan Eropa Tengah dan Timur, penjualan Windows Phone pada kuartal keempat 2012 kurang dari 100 ribu unit, sedangkan di empat negara lain lebih dari 100 ribu unit.

Restivo mengatakan penjualan Windows Phone cenderung melonjak di wilayah yang menjadi pasar utama Nokia, sebagai mitra utama perangkat Windows Phone.

"Di pasar negara-negara itu, permintaan iPhone rendah karena produk itu (iPhone) malah dan kurang dukungan operator," kata Restivo.

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013