Jakarta (ANTARA) - Perhelatan Indonesia Petroleum Association Converence dan Exhibition (IPA Convex) kembali dilaksanakan pada 25 – 27 Juli 2023 di ICE BSD Tangerang Selatan. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Enabling Oil & Gas Investment and Energy Transition for Energy Security". 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengungkapkan, minyak dan gas bumi (migas) masih memegang peranan penting dalam pemenuhan energi global. Terdapat peningkatan produksi dan konsumsi migas selama 10 tahun terakhir. Untuk produksi migas, dari 88,6 juta barel per hari pada 2012 naik menjadi 93,8 juta barel per hari di tahun 2022. Sedangkan konsumsi minyak meningkat dari 89,1 juta barel per hari pada tahun 2012 menjadi 97,3 juta barel per hari pada tahun 2022

"Hal ini menunjukkan bahwa di era transisi energi saat ini, minyak dan gas bumi masih berperan penting dalam menyediakan kebutuhan energi global yang terjangkau dan dapat diandalkan, khususnya di sektor transportasi dan industri seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan populasi yang meningkat terutama di negara-negara berkembang," ujar Arifin pada Opening Ceremony Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex) ke-47, Selasa (25/7).

Partisipasi BPH Migas

Di gelaran IPA Convex tahun ini, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) juga berpartisipasi menyebarkan informasi hilir migas dalam pameran bersama Kementerian ESDM. 

Peran BPH Migas dalam mendukung transisi energi disajikan secara menarik melalui infografis, seperti panjang pipa gas bumi serta tugas dan fungsi BPH dalam menetapkan toll fee. Demikian juga dengan Perkembangan Program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga.

“BPH Migas menampilkan dua hal yang menjadi tugas dan fungsinya, yaitu BBM dan gas bumi. Untuk gas bumi, kita gambarkan sudah berapa Panjang pipa gas bumi kita, jumlah pemerintah daerah yang sudah mempunyai gas bumi dalam pipa. Ini menjadi bagian dukungan transisi energi. Diharapkan masyarakat mendukung program jaringan gas bumi bagi rumah tangga, sehingga penggunaan LPG subsidi dapat dikurangi” ungkap Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra.

Ia juga menjelaskan, peserta pameran dapat mengetahui lebih jauh tentang peran BPH migas melalui materi publikasi digital interaktif. 

Sekretaris BPH Migas Patuan Alfon Simanjuntak menambahkan, BPH Migas juga menyajikan paparan tematik bagi pengunjung IPA Convex 2023, seperti kinerja pengelolaan gas bumi melalui pipa serta perannya dalam transisi energi. 

"Hari Selasa tentang pengelolaan gas Bumi melalui pipa. Hari Rabu akan ada pemapar yang menyampaikan perkembangan Program BBM Satu Harga di seluruh pelosok nusantara," ucap Alfon.

Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, disajikan juga materi kanal pengaduan masyarakat melalui Helpesk BPH Migas.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023