Chengdu (ANTARA) - Para penonton lokal telah menunjukkan minat besar mereka terhadap Universiade Chengdu, ajang multiolahraga internasional pertama yang digelar di China pascapandemi.

Universiade Chengdu melibatkan 18 cabang olahraga dan 269 pertandingan, yang tiketnya sudah laris manis sejak Juni tahun ini, terutama untuk cabang olahraga bola basket, tenis meja, bulu tangkis, dan Wushu.

"Saya bangga kampung halaman saya menjadi tuan rumah turnamen ini dan saya juga merasakan antusiasme di sejumlah venue tersebut," kata seorang warga Chengdu bermarga Qian sembari bergegas membeli satu set tiket keluarga untuk pertandingan tenis meja yang akan berlangsung pada Jumat (4/8).

Dia menambahkan, "Putri saya telah bermain tenis meja sejak dia masih kecil, tetapi belum pernah menonton kompetisi tingkat tinggi secara langsung. Kali ini, dia akan memiliki kesempatan untuk menyaksikannya."

Seorang penggemar bola basket bermarga Liu hingga saat ini belum bisa mendapatkan tiket turnamen bola basket tersebut. "Meski sedikit kecewa, saya akan terus menonton pertandingan di televisi dan mendukung tim China," katanya.

"Universiade Chengdu disambut hangat oleh lebih dari 20 juta warga di Chengdu, ditambah penonton dari seluruh negara dan dunia. Ada permintaan tiket yang sangat besar, dan kami telah berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujar seorang staf dari komite eksekutif Universiade Chengdu.

Selain penjualan umum, pihak penyelenggara juga meluncurkan "Inisiatif Peduli" (Care Initiative). Publik dapat meninggalkan pesan di situs web resmi atau melalui saluran telepon khusus (hotline) untuk memberikan saran demi kelancaran ajang itu.

Jika ide-ide mereka diadopsi, mereka akan diberikan tiket pertandingan penting, menurut komite eksekutif Universiade Chengdu.

Inisiatif tersebut juga bertujuan untuk mengajak para pekerja konstruksi dan sanitasi menonton pesta olahraga itu, karena mereka telah banyak berkontribusi dalam pembangunan venue dan kota tuan rumah. "Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada mereka," ungkap staf itu.

Saat ini, tujuh putaran tiket telah laku terjual, dengan penjualan berikutnya akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
COPYRIGHT © ANTARA 2023