Jakarta (ANTARA) - Frances Tiafoe yang tampil untuk ketujuh kalinya di Mubadala Citi DC Open bertekad memenangi gelar yang sulit dia raih di turnamen kampung halamannya itu.

"Turnamen ini adalah salah satu alasan saya bermain tenis profesional," kata Tiafoe, dikutip dari laman resmi turnamen, Selasa.

"Untuk membuat nama saya ada di stadion, maksud saya, saya dulu menyelinap ke dalam sebagai seorang anak. Sekarang, saya benar-benar ingin memenangi turnamen ini."

Upaya itu akan dimulai pada Selasa pukul 19.00 waktu Washington dalam pertarungan babak kedua di Stadium Court melawan Aslan Karatsev.

Unggulan kedua Tiafoe mendapat keuntungan dengan mendapat "bye" di babak pertama, sementara Karatsev melaju dengan kemenangan straight set, Senin (31/7), atas petenis kualifikasi Kiranpal Pannu.

Tiafoe sedang dalam performa terbaiknya di Washington ketika dia memiliki enam match point di perempat final tahun lalu tetapi kalah dari Nick Kyrgios yang akhirnya menjadi juara.

Turnamen di Washington tersebut tampaknya menjadi batu loncatan untuk 12 bulan terbaik dalam kariernya hingga saat ini lengkap dengan penampilan semifinal di US Open, gelar di Houston dan Stuttgart, dan peringkat 10 dunia tertinggi dalam kariernya.

"Tahun ini pastinya, semua orang mengharapkan pencapaian besar," ujar Tiafoe.

"Jelas tahun lalu, kekalahan yang sangat berat (dari Kyrgios). Tapi, pasti saya berharap dapat melaju kuat, penonton juga akan ramai. Saya rasa saya akan memanfaatkan kesempatan itu."

Baca juga: Aldila/Kato kandas di babak pembuka Washington Open

Jika Tiafoe mampu melaju, dia berpotensi menciptakan pertarungan 16 besar dengan wildcard asal Amerika Ben Shelton.

Shelton akan menghadapi petenis kualifikasi Juncheng Shang, Selasa, dalam pertandingan pembukaan di Stadium Court.

Pertandingan tersebut akan diikuti oleh pertarungan antara unggulan kelima Grigor Dimitrov dengan petenis AS Mackenzie McDonald.

McDonald, finalis DC 2021, meraih kemenangan straight set atas mantan peringkat delapan Dunia Diego Schwartzman di Stadium Court, Senin (31/7).

Di sektor putri, pertandingan pertama, Selasa, akan mempertemukan warga asli DC Hailey Baptiste melawan mantan peringkat satu dunia Karolina Pliskova.

Pemenang dari pertandingan tersebut akan maju untuk menghadapi unggulan ketiga Coco Gauff di babak kedua.

Baca juga: Medvedev dan Kyrgios mundur dari Washington Open karena cedera
Baca juga: Svitolina kembali tundukkan Azarenka serta kembali tidak bersalaman

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023