Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping perintahkan penyelamatan maksimal bagi mereka yang hilang, terjebak banjir dan bencana geologis

Xi juga meminta upaya untuk meminimalkan korban.

Dipengaruhi oleh Topan Doksuri, curah hujan ekstrem tercatat di China utara dan daerah-daerah di sepanjang sungai Kuning dan Huaihe, yang memicu banjir dan bencana geologis serta mengakibatkan banyak korban jiwa di Beijing dan Hebei.

Sangat penting untuk memastikan perawatan medis bagi korban luka dan memberikan kenyamanan bagi keluarga korban meninggal, kata Xi.

Xi mendesak upaya untuk membuat pengaturan yang tepat bagi orang-orang yang terkena dampak banjir dan bencana geologis, segera memperbaiki infrastruktur yang rusak termasuk fasilitas transportasi, telekomunikasi dan listrik, serta memulihkan tatanan normal dalam pekerjaan dan kehidupan sesegera mungkin.

Xi menekankan bahwa otoritas terkait harus memperkuat pemantauan dan peringatan dini banjir, fokus pada lokasi penting pencegahan banjir, dan sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pencegahan banjir selama periode penting dari akhir Juli hingga awal Agustus.

Keselamatan nyawa dan harta benda masyarakat serta stabilitas sosial harus dipastikan dengan upaya maksimal, papar Xi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023