Jakarta (ANTARA News) - Lionel Messi mencetak gol untuk memperkuat cengkeraman Barcelona dengan selisih 13 poin di puncak klasemen La Liga kendati Barca ditahan Celta Vigo, sementara di Liga Premier satu gol yang membentur pemain lawan membuat Manchester United memimpin 15 poin bersih dari penguntitnya.

Claudio Pizarro menciptakan empat gol ketika Bayern Munich menghancurkan Hamburg SV 9-2 untuk membuat mereka tinggal dua poin menuju juara Bundesliga dengan tujuh laga tersisa, sedangkan Juventus kian dekat mempertahankan gelar juara Serie A setelah menang 2-1 dari Inter Milan.

Spanyol

Tak ada perubahan di posisi puncak La Liga ketika empat teratas bermain imbang pada pekan yang baru lewat ini di mana Barcelona unggul 13 poin dari penguntitnya Real Madrid, dengan sembilan laga tersisa.

Klub papan bawah Celta Vigo menciptakan gol penyama kedudukan menjelang akhir pertandingan yang berkesudahan 2-2 melawan Barca.  Dalam pertandingan ini Messi menciptakan golnya dalam 19 kali laga berturut-turut, sekaligus menjaringkan bola ke klub terakhir La Liga yang sebelum ini belum pernah dijebolnya.

Seperti Barca, Real mengistirahatkan sejumlah pemainnya guna menghadapi leg pertama perempatfinal Liga Champions.  Real memaksakan kedudukan menjadi 1-1 saat melawan Real Zaragoza berkat gol Cristiano Ronaldo.

Peringkat tiga Atletico Madrid kehilangan peluang menempel Real setelah bermain 1-1 melawan Valencia berkat gol Radamel Falcao yang tercipta enam menit menjelang bubaran.

Barca mengoleksi 75 poin, Real 62, Atletico 61 dan Real Sociedad 48 yang ditahan Espanyol 2-2.       

Inggris

Manchester United masih unggul 15 poin di puncak klasemen setelah menang tipis 1-0 dari klub papan bawah Sunderland.

Tembakan Robin van Persie membentur badan bek Sunderland Titus Bramble untuk kemudian menciptakan gol sekaligus mengantarkan ke kemenangan 25 United dalam 30 laga musim ini dan memastikan cengkeraman mereka dalam meraih gelar ke-20, dengan delapan pertandingan masih tersisa.

Juara bertahan Manchester City menghancurkan Newcastle United 4-0 untuk tetap di posisi dua, lima poin di atas Tottenham Hotspur yang menang 2-1 dari Swansea City, dan tujuh poin di atas Chelsea yang terhempas 1-2 oleh Southampton.

Arsenal, yang berada di peringkat lima, memelihara asanya di Liga Champions setelah melumat Reading 4-1.

Sunderland memecat pelatih Martin O'Neill untuk diganti Paolo Di Canio, sedangkan Wigan Athletic menjauhi zona degradasi setelah menang 1-0 atas Norwich City.

Senin ini Manchester United akan bertandang ke kandang Chelsea untuk menjalani pertandingan ulang perempatfinal Piala FA.

Italia

Juventus memperkuat ambisinya mempertahankan juara Serie A setelah menang 2-1 dari pesaing beratnya Inter Milan, sehingga unggul sembilan poin dari peringkat dua Napoli.

Fabio Quagliarella mengantarkan Juve memimpin pada menit ketiga, sementara Alessandro Matri menciptakan gol penentu kemenangan setelah sebelumnya pemain Inter Rodrigo Palacio menyamakan kedudukan.

Napoli terus menantang Juve usai berbalik unggul 5-3 dari Torino setelah sempat tertinggal 2-3 sampai sepuluh menit menjelang pertandingan usai, sementara kemenangan 1-0 AC Milan dari Chievo membuat klub ini tetap di posisi tiga.

Jerman

Pemuncak klasemen Bayern Munich menggulung Hamburg SV 9-2 diantaranya berkat empat gol dari penyerang asal Peru Claudio Pizarro dan dua dari Arjen Robben, untuk semakin angkuh di puncak klasemen dengan selisih 20 poin.

Bayern nyaris juara liga lebih cepat, sampai Robert Lewandowski mengantarkan peringkat dua Borussia Dortmund menang 2-1 atas VfB Stuttgart sehingga gelar juara Bundesliga harus ditentukan pekan lain.

Bayern hanya butuh dua poin lagi untuk meraih gelar juara Bundesliga ke-23 mereka.

Di dasar klasemen, Greuther Fuerth yang memulai debutnya di Bundesliga kalah 2-3 dari Eintract Frankfurt.

Prancis

Paris St Germain membuat pemanasan meyakinkan menjelang leg pertama perempatfinal Liga Champions melawan Barcelona setelah menang 1-0 dari juara bertahan Montpellier.

PSG kini unggul tujuh poin bersih di puncak klasemen Ligue 1 setelah Olympique Lyon yang tak pernah menang dalam empat laga terakhirnya ditumbangkan 1-2 di kandang oleh klub papan bawah Sochaux.

Sementara gol kesepuluh Andre-Pierre Gignac sudah cukup membuat Olympique Marseille menang 1-0 atas Nice yang sama-sama berjuang mendapatkan tiket Liga Champions. 

Belanda

Dua gol Viktor Fischer mengantarkan Ajax Amsterdam menang 4-1 atas NEC Nijmegen dan membuat klub ini berselisih tiga poin di puncak klasemen Liga Belanda dengan enam pertandingan tersisa.

Ajax mengemas 60 poin, sementara PSV di posisi kedua dengan 57 setelah hanya mampu seri 2-2 dengan Roda JC Kerkrade.  Tempat ketiga Vitesse Arnhem, yang mengalahkan PEC Zwolle 2-1 dan mengemas poin sama dengan PSV.

Feyenoord lengser ke posisi empat dengan 56 poin menyusul kekalahan 0-2 dari Heerenveen yang diasuh legenda Marco van Basten.

Portugal

Benfica melumpuhkan Rio Ave 6-1 untuk membuat unggul empat poin di puncak klasemen dari peringkat dua Porto dengan enam pertandingan tersisa.

Penyerang Brazil Lima menciptakan hat-trick yang memberi Benfica moral tambahan dalam menghadapi leg pertama perempatfinal Liga Eropa menghadapi Newcastle United Kamis nanti.

Juara bertahan Porto tetap menguntit setelah menang tandang 3-0 dari Academica berkat gol-gol dari bek tengah Prancis Eliaquim Mangala, sayap kanan Brazil Danilo dan pemain tengah Castro.  Benfica mengoleksi 64 poin, sedangkan Porto 60.

Yunani

Juara bertahan Olympiakos Piraeus ditahan seri 0-0 oleh PAOK Salonica dalam laga derby di Liga Super Yunani itu.

Panathinaikos kalah 0-1 dari Platanias sehingga pelatih Fabri dipecat untuk digantikan Giannis Vonortas sampai akhir musim ini.

Olympiakos memastikan juara liga ke-40-nya 10 Maret lalu dan dengan demikian berhak mendapat jatah Liga Champions.

Kini perhatian tertuju pada pertarungan memperebutkan satu jatah lagi Liga Champions yang diperebutkan Asteras Tripolis, PAOK, Atromitos Athinon dan Panathinaikos dalam playoff Liga Champions.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013