Padang (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Sumatera Barat akan menggelar pemilihan Uda-Uni Duta Wisata Kota Padang tahun 2013.

"Pemilihan Uda-Unii Duta Wisata Kota Padang tahun 2013 dimulai pada tanggal 2 hingga 13 April 2013 yang akan diikuti oleh generasi muda Kota Padang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Ali Basar, di Padang, Selasa.

Menurut dia, pemilihan uda/uni Duta Wisata Kota Padang merupakan agenda tahun Disbudpar Kota Padang untuk memperkenalkan adat istiadat serta budaya Minang kepada generasi muda.

"Pemilihan Uda/Uni duta wisata Kota Padang, direncanakan akan dibuka oleh Ketua PKK Kota Padang, Muthia Fauzi Bahar di Gelanggang Silih Berganti Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang pada 2 April 2013," ujar dia.

Peserta sebanyak 100 ini akan mengikuti tahapan babak penyisihan pemilihan uda/uni Duta Wisata Kota Padang hingga 6 April 2013. Pihak panitia melakukan seleksi sangat ketat untuk menjaring sebanyak 20 orang untuk maju babak Final, kemudian akan diseleksi lagi memasuki babak grand final untuk memilih Uda/Uni Duta Wisata Kota Padang tahun 2013.

"Prosesi pemilihan uda-uni Duta Wisata Kota Padang, dimana peserta akan dinilai dari segi kecakapannya salah satunya fasif dalam berbahasa asing dan memiliki jiwa kecintaan terhadap kepariwisataan serta budaya, pemilihan secara telaten itu akan menghadirkan para dewan juri yang berasal dari Sumatera Barat,"jelas Ali Basar.

Dia mengatakan, peserta yang terpilih menjadi duta Wisata tahun 2013, merupakan salah satu ujung tombak pemasaran Pariwisata Kota Padang.

"Disamping ujung tombak pemasaran pariwisata, mereka juga akan diturunkan untuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Padang,"kata dia.

Menurut dia, pemilihan uda/uni Duta Wisata ini Kota Padang merupakan salah satu upaya untuk memacu sendi-sendi budaya Minangkabau serta membentuk semangat generasi muda yang tidak terlepas dari Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

"Pemilihan yang kita gelar itu tidak sama dengan pemilihan event-event lainya, salah satu contohnya pemilihan ratu ini dan itu, akan tetapi ini merupakan salah satu cerminan jati diri budaya Minangkabau," katanya.

Pemilihan uda/uni yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang merupakan acara yang tidak berbaur dengan hal negatif. Alasannya, acara yang ditampilkan merupakan acara yang sopan dengan menampilkan budaya Minangkabau sebagai bentuk kecintaan akan budaya serta dunia parawisata.

"Pemilihan uda/uni Duta Wisata ini berkaitan dengan integritas generasi muda, kecintaan terhadap kebudayaan Minangkabau,"ujar Ali Basar. (ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013