Washington (ANTARA News) - Ekonomi Amerika Serikat akan tumbuh moderat tahun ini dengan pertimbangan inflasi terkendali, lembaga riset Peterson Institute for International Economies (PIIE) yang berbasis di Washington memperkirakan pada Senin.

Berbicara di pertemuan semi-tahunan "Global Economic Outlook" yang diadakan Senin, David Stockton, seorang ekonom senior di PIIE memperkirakan bahwa ekonomi AS akan melanjutkan pemulihan lambatnya dan tumbuh 2,3 persen pada 2013.

Hal itu terjadi ketika ada perbaikan mendasar dalam pengeluaran rumah tangga dan diimbangi oleh konsolidasi fiskal yang disebut ""sequester" -- pemotongan otomatis pengeluaran pemerintah federal.

"Ada tanda-tanda bahwa ekonomi AS sekarang perlahan-lahan mengumpulkan kekuatan," kata Stockton, mantan kepala ekonom di Federal Reserve AS.

Namun, ia menambahkan bahwa ekonomi mungkin mengalami "pendinginan" pada pertengahan tahun sebelum memperoleh kembali momentum kemungkinan pada akhir 2013.

Tingkat pengangguran AS akan tetap berada di atas tanda 7,0 persen sampai dengan 2014, sebelum turun di bawah 6,5 persen di paruh kedua 2015. Inflasi, yang mungkin sedikit lebih tinggi sepanjang tahun, masih akan tetap di bawah target 2,0 persen, katanya.

Stockton memperkirakan bank sentral AS untuk melanjutkan pelonggaran kuantitatif hingga pertengahan 2014, dengan pembelian aset sebesar 1,5 triliun dolar AS.

Ekonomi AS tumbuh pada kecepatan 0,4 persen pada kuartal keempat 2012. Banyak ekonom mengatakan data pengeluaran konsumen baru-baru ini menunjukkan pertumbuhan yang kuat pada kuartal pertama tahun ini.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013